Toyota-New-Engine-Hybrid-Technology

Toyota telah mengimplementasikan inovasi teknologi terbarunya pada mesin anyar yang diklaim mampu membuat penggunaan bahan bakar untuk kendaraan menjadi lebih efisien hingga 10 persen dibanding mesin yang sudah diterapkan pada produk sebelumnya.

Salah satu yang dikembangkan adalah mesin bensin berkapasitas 1.3 liter dengan siklus Atkinson yang tipikalnya cocok dengan mesin hybrid. Toyota menjelaskan bahwa, pemakaian siklus Atkinson membuat ekspansi rasio dan mengurangi limbah panas melalui rasio dengan kompresi tinggi (13.5) dapat membuat efisiensi termal yang tinggi.

“Mesin ini juga dilengkapi dengan intake port yang khas sehingga mampu menciptakan ‘strong tumble flow’ yang merupakan putaran arah angin secara vertical di dalam silinder. Membuat inovasi satu ini bisa menghemat bahan bakar sampai 15 persen dibanding mobil sebelumnya,” tulis Toyota di web resmi mereka.

Toyota juga merilis mesin bensin 1.0 liter yang akan dipakai bersama dengan Daihatsu. Jika digabung dengan berbagai fitur ramah lingkungan yang ada pada mobil produksi Toyota dan Daihatsu sebelumnya, mesin ini bahkan bisa menghemat hingga 30% ketimbang mobil sebelumnya.

Penghasil daya peminum bensin 1.3 liter rencananya bakal dipakai di semua model mobil produksi Toyota dengan total ekspektasi pengembangan mencapai 14 variasi mesin yang akan diperkenalkan di 2015 mendatang.