Al Capone (coche) (001)

Siapa yang tak tahu, The Godfather? Ya, film yang mengkisahkan sebuah keluarga Mafia di Amerika Serikat yang dipimpin Don Vito Corleone (Brando) itu seakan melegenda dibeberapa kalangan. Di film bergenre action tersebut, sangat terlihat bahwa para mafia punya sistem kemananan khusus yang terus mengawal mereka untuk meloloskan diri dari berbagai bisnis haram yang berbau ilegal. Dan karena terlalu beresiko, akhirnya bisnis hitam mereka ini memunculkan kendaraan-kendaraan dengan standar keamanan tinggi, layaknya mobil kepresidenan.

Nah, salah satu mafia yang kerap menggunakan mobil berstandar keamanan tinggi tersebut adalah Al Capone. Ia merupakan salah satu mafia kawakan asli  Amerika Serikat yang membesut sebuah Sedan Cadillac Model 341A Town keluaran 1928.

Roosevelt-GTAV-realife

Bengisnya kehidupan Al Capone, membuat mobil yang ditunggangi-nya juga kecipratan mendapat julukan seram, Killer Car. Dan menurut info dari beberapa sumber, Cadillac tersebut menggunakan bodi berlapis baja dan kaca tebal tahan peluru sehingga bobotnya mencapai hingga 3,5 ton. Tak hanya itu, kaca bagian belakang pun turut dimodifikasi sedemikian rupa. Fungsinya agar dapat dibuka untuk menembak lawan dari kursi belakang. Killer Car bahkan menjadi salah satu mobil pertama dengan bodi lapis baja yang pernah dibuat.

Di balik kap mesin, si Killer Car membenamkan mesin V8 berkapasitas 5.588cc dengan menggunakan sistem transmisi synchromesh dari General Motors. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 90 horse power.

AlCaponeCadillac_02_1500

Meski memiliki dimensi yang bongsor, Killer Car mampu berlari hingga kecepatan 177 km/jam. Dan kendaraan ini-pun berhasil menjadi salah satu mobil yang paling cepat pada saat itu.
Setelah Al Capone tutup usia, mobil ini menjadi salah satu koleksi yang disimpan oleh keluarga besar mafia Al Capone. Setelah lama disimpan, tunggangan pribadi milik mafia nomor satu di Amerika ini pun dilelang ke publik oleh rumah lelang RM Auctions di 2012 lalu. Akhirnya, rumah lelang yang berbasis di California ini sukses melelang si Killer Car dengan harga yang terbilang fantastis, yaitu US$ 341 ribu atau sekitar Rp 3,98 miliar.