Modifikasi erat kaitannya dengan selera personalisasi. Dalam ranah modifikasi, originalitas karya masing-masing personal diuji untuk menciptakan sebuah hasil garapan yang patut mendapat acungan jempol dari yang melihat atau menikmatinya.

Benang merah dari modifikasi itu sendiri adalah ubahan. Apapun ubahan yang dilakukan oleh para modifikator itu sendiri, itulah modifikasi. Baik dalam jumlah sedikit, hingga ubahan bentuk yang masif  semua sah dalam ranah modifikasi.

Pabrikan yang merilis mobil baru pun, tak luput dalam aktivitas modifikasi. Dalam sebuah kegiatan motor show misalnya, mobil hasil modifikasi turut tampil di lantai pameran. Seperti yang dilakukan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 yang berlangsung pada 31 Maret – 10 April mendatang di Jakarta International Expo, Kemayoran.

Suzuki menghadirkan beberapa modifikasi unit terbarunya untuk ditunjukan kepada pengunjung booth-nya yang bisa menjadi sumber inspirasi konsumen. Tentunya upaya yang dilakukan oleh Suzuki terhadap beberapa lini modelnya patut mendapat acungan jempol. Seluruh modifikasi yang dilakukan pada unit display-nya, masih mengedepankan fungsi dari pada kebutuhan mobil tersebut.

Menurut Yulius Purwanto, Head of Product Development PT SIS, selain sebagai daya tarik booth selama IIMS 2022, kehadiran XL7 dan New Carry Pick Up yang dimodifikasi juga bertujuan agar dapat dijadikan inspirasi bagi konsumen. “Kami memamerkan referensi kendaraan modifikasi XL7 dan New Carry Pick Up yang memang hadir dengan beragam fitur dan desain yang fungsional dan serba guna. Inovasi ini kami lakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan modifikasi yang memiliki banyak fungsi, nyaman dan aman digunakan untuk rekreasi keluarga, serta memiliki tampilan yang unik,” terang Yulius.

Suzuki XL-7 Alpha FF

Memiliki ground clearence yang tinggi, membuat Suzuki XL-7 Alpha FF sebagai varian terbaru mudah untuk diajak ke mana saja. Artinya bila menghadapi jalanan yang tidak memiliki aspal mulus, bukan masalah berarti bagi MPV bergaya crossover ini. Selama permukaan tanah yang diinjak keras, Suzuki Xl-7 Alpha FF ini bisa terus melaju.

Kali ini di IIMS Hybrid 2022, Suzuki menghadirkan XL-7 Alpha FF bertema Adventure dengan modifikasi bergaya camper. Sesuai dengan titel yang diusungnya, MPV terbaru dari Suzuki ini siap untuk diajak berkelana menjelajah ke alam bebas. Fasilitas roof tent disematkan di bagian atap, tenda atap ini dapat menampung dua orang dewasa tidur nyenyak saat bermalam di area kemping.

Di bagian kabin, interior diubah suai untuk mengakomodir kebutuhan pengendara selama berkegiatan kemping. Manajemen penyimpanan barang tertata apik berkat pembuatan tray atau laci-laci di bagian kabin. Sebut saja mulai kebutuhan memasak dan makan, kebutuhan perangkat tidur hingga peralatan mandi dan sumber listrik generator.

Melengkapi tampilan ala kendaraan adventure, Suzuki memodifikasi XL-7 Alpha FF ini menggunakan pelek besi ring 15 inci dan ban berkembang semi kasar  dengan lingkar ban berprofil tebal. Dengan begitu ruang kolong atau ground clearence dari XL-7 Alpha FF ini jadi lebih tinggi. Tak lupa juga penyematan bull bar atau tanduk di bagian depan untuk menghalau rintangan di jalan agar tidak langsung kontak dengan bagian bodi depan dan lampu untuk penerangan tambahan di malam hari.

Suzuki Carry

Di kelas mobil niaga, pick up paling laris dari Suzuki selama bertahun-tahun ini juga hadir dengan sentuhan modifkasi. Sebagai mobil angkut-angkut, tentunya bukan sebuah hal yang haram untuk dimodifikasi. Tujuannya tentu agar penampilannya beda dengan pick up toko material sebelah.

Kali ini ada dua ubahan yang dilakukan Suzuki untuk model Carry. Meski keduanya mengadopsi gaya Retro Classic, namun masing-masing punya fungsi yang berbeda sesuai dengan kebutuhannya.

Pertama adalah Suzuki Carry yang dimodifikasi untuk food truck atau mobil jualan. Kendati kegunaannya untuk berjualan kopi, namun tampilan yang estetik perlu dikedepankan untuk memperkuat brand kopi yang dijualnya. Dengan kata lain, pick up jualan ini cukup Instagramable bila mengutip istilah anak zaman sekarang.

Nuansa klasik hadir seantero Suzuki Carry coffee truck ini, mulai dri kelir cokelat muda two tone solid khas kendaraan era 1980-an, pelek besi dengan dop ala Dean Moon yang beken di Jepang, hinggabagian buritan dengan rak kayu ciamik yang bertugas sebagai ruang kerja barista pembuat kopi.

Pada unit display lainnya, bentuk pick up masih dipertahankan oleh Suzuki. Namun fungsinya kali ini sebagai pelatih olah raga selancar. Tidak menutup kemungkinan juga bila modifikasi ini dapat digunakan sebagai mobil penjaga pantai.

Warna biru muda menegaskan domisili pick up Carry ini berada setiap harinya, yes tepi laut. Oleh karenanya komposisi kelir dua warna dipilih agar terlihat kontras. Bagian bak belakang ditambah dengan besi penyangga atau roll cage yang memiliki fungsi untuk membawa perabotan papan selancar, kursi dan meja istirahat, boks minuman dingin hingga baju ganti.

Ketiga unit display modifikasi yang dihadirkan oleh Suzuki di pameran IIMS Hybrid 2022 diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi konsumen Suzuki yang gatal dengan mobil kondisi standar. Setidaknya modifikasi yang ditampilkan oleh Suzuki sudah terkurasi dalam mengedepankan utilitas dari masing-masing mobil yang digunakan sebagai bahan modifikasi.