Dua produk baru dilepas sekaligus oleh PT. Mazda Motor Indonesia (MMI) yaitu New Mazda CX-5 dan Mazda6 di Ballroom Ritz-Carlton, Jakarta, Senin (27/4). Setidaknya ada empat komponen utama yang mendapat perubahan seperti eksterior, interior, fungsionalitas dan evolusi dari fitur i-ACTIVSENSE.

“Berbagai inovasi baru dari new Mazda CX-5 dan New Mazda6 merupakan perwujudan dan jawaban yang kami dapatkan dari para pelanggan di seluruh dunia,” jelas Keiko Okue, President Director PT. Mazda Motor Indonesia di sela-sela peluncuran.

Jawaban atas masukan tersebut dituangkan dalam gril baru sayap Mazda yang lebih tegas dan tajam pada kedua buah mobil. Untuk Mazda6 sendiri desain wing dengan krom dapat terlihat jelas ketika gelap. LED juga disematkan pada lampu bagian depan dan belakang mobil. Sementara di Mazda6 kini bodinya semakin disesuaikan dengan velg bawaan 19-inci yang tampil lebih gelap dan glossy daripada sebelumnya. Untuk mazad CX5 diberikan cat gunmetal di detail2 dalam velg.

Untuk interiornya sendiri kualitas sudah ditingkatkan dengan desain dan teknologi baru di dashbor. Iluminasi seragam kini hadir di panel ac dan intrumen. “Cukup berbeda pada Mazda sebelumnya dimana warnanya berbeda,” jelas Bonar Pakpahan, product planning expert MMI.

Sementara fitur terbaru dari i-ACTIVESENSE yang pertama kali ditampilkan dalam New Mazda CX-5 dan Mazda6 adalah Adaptive LED Headlamps (ALH), Lane-keep Assist System (LAS), Driver Attention Alert (DAA), Advanced Blind Spot Monitoring (A-BSM) dan Smart City Brake Support (SCBS) untuk meningkatkan keamanan dari kendaraan depan dan belakang.

Untuk pertama kalinya pula fitur elektronic parking brake disematkan. Untuk memarkirkan hanya dibutuhkan sentuhan pada tombol parkir di panel infromasi new Mazda6.

New Mazda CX-5 ditawarkan dalam 4 tipe bermesin 2.0l dan 2.5L dengan rentang harga Rp403 juta hingga Rp490 juta sedangkan Mazda6 ditawarkan dalam satu varian dengan bandrol Rp603 juta. Khusus warna merah Soul Red Metallic dikenakan penambahan biaya sebesar Rp 3 juta.