Selain meresmikan pabrik perakitan Mitsubishi Motors yang baru di Cikarang, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI)  juga memajang unit All New Pajero Sport baru dengan trim Dakar Ultimate 4×2. Mobil ini merupakan hasil perakitan fasilitas produksi MMKI yang baru saja beroperasi setelah diresmikan Selasa, (25/4) oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Seperti kita ketahui, sebelumnya All New Pajero Sport dipasarkan oleh Mitsubishi dengan cara didatangkan utuh (Completely Built Up – CBU) dari negara produsennya di Thailand. Kini, setelah pabrik ini beroperasi, All New Pajero Sport segera akan dipasarkan dalam bentuk Completely Knock Down atau CKD yang kemungkinan dapat mereduksi harga jualnya.

Lantas apa bedanya All New Pajero Sport Dakar yang kini merupakan varian tertinggi dari SUV Mitsubishi tersebut dengan varian Dakar Ultimate yang menurut pihak MMKI akan dipasarkan sebentar lagi?

Secara keseluruhan, fisik keduanya hampir tak ada perbedaan yang signifikan. Namun jika diperhatikan lebih seksama, kami menemukan adanya dua perbedaan pada bagian bumper depan dan bagian interior.

Di bumper depan, varian Dakar Ultimate memiliki dua buah kamera tersembunyi yang tersamar dibalik grill honeycomb pada bagian tengah bumper. Kami menduga ini adalah kamera parkir untuk fitur Bird Eye View yang juga terdapat pada All New Pajero Sport versi Thailand.

Di bagian interior, varian Dakar Ultimate kini tak lagi menggunakan aksen wood panel di bagian tengah dasbor dan bagian konsol tengah. Opsi piano black kini dipilih Mitsubishi untuk membuat kabin SUV diesel ini lebih elegan.

Sebelumnya sempat marak diberitakan Mitsubishi Indonesia akan memasarkan varian tertinggi Ultimate diatas varian Dakar yang kini tengah dipasarkan. Varian Ultimate ini digadang-gadang akan mengadopsi sejumlah fitur keselamatan berkendara canggih seperti Forward Collision Mitigation System, Ultrasonic mis-Acceleration Mitigation System, Adaptive Cruise Control, Blind Spot Warning hingga tujuh buah Airbag.

Saat kami konfirmasikan terhadap pihak MMKI soal varian Dakar Ultimate tersebut, MMKI hanya menjawab tunggu waktu peluncurannya. Kami menduga, ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 pada 27 April – 7 Mei 2017 mendatang adalah waktu yang tepat bagi MMKI meluncurkan mobil ini.