Sebelum diluncurkan secara resmi di Jakarta hari ini (2/4), Nissan All New N300 Navara telah mengalami serangkaian uji coba di Gunung Tambora, Sumbawa, Indonesia. Tujuannya adalah untuk memastikan kendaraan utilitas ini sanggup berfungsi dengan baik dalam segala medan dan rintangan apapun di Indonesia.

Uniknya, Nissan Motor Indonesia (NMI) tidak membawa tipe manual untuk diujicobakan di Tambora. Malahan, tipe otomatisnya yaitu NP300 Navara VL yang menjadi senjata utama untuk Nissan. Dijelaskan oleh Budi Nur Mukmin selaku General Manager of Marketing Strategy and Communications Division NMI pada sela-sela peluncuran, hal tersebut memang disengaja.

“Kami ingin membuktikan bila NP300 benar-benar bisa berfungsi di segala medan. Maka dari itu versi otomatislah yang kami bawa dan mobil tersebut masih utuh sampai di Jakarta,” jelasnya sambil memperlihatkan Navara versi VL berwarna orange yang dipamerkan di Gandaria City, Jakarta.

Dalam perjalanannya mendaki puncak, All New NP300 Navara membutuhkan waktu sehari penuh untuk bisa menyelesaikan perjalanannya. Rute yang ditempuh tidaklah mudah, sebab rute yang diambil tidaklah sesuai dengan karakter double cabin Navara yang berbodi besar.

“Penduduk sekitar sebenarnya menyarankan untuk tidak melewati rute tersebut dengan double cabin karena biasanya hanya dapat dilewati dengan 4×4 kecil,” ungkap Budi yang juga turut serta dalam penaklukan Tambora.

Tapi NP300 Navara sukses membuktikan ketangguhannya. Malahan dengaan penaklukan Tambora, pickup Nissan ini mencatatkan rekor sebagai double cabin otomatis pertama yang sanggup menaklukan Tambora. Tipe VL A/T adalah tipe tertinggi Navara yang dilengkapi dengan fitur-fitur kenyamanan dan keamanan unggulan dengan bandrol Rp 430 juta on the road Jakarta.