Berita duka datang dari Tokyo, Jepang. Mantan bos Mitsubishi Motors Corporation (MMC), Osamu Masuko dikabarkan meninggal dunia setelah penyakit jantung yang dideritanya. Dilansir dari The New York Times, Masuko berpulang karena “cardiac insufficiency” atau gagal jantung sejak 27 Agustus 2020 lalu.

Osamu Masuko yang saat ini berusia 71 tahun, lahir pada 19 Februari 1949 silam. Setelah penyakit yang dideranya, ia memutuskan diri untuk mundur dari jajaran kepemimpinan MMC pada 27 Juli 2020.

Mendiang Osamu Masuko masuk ke jajaran petinggi Mitsubishi Motors pada 2004 lalu. Tiga tahun setelahnya, di 2007, Masuko diangkat menjadi salah satu Direktur di perusahaan Jepang tersebut.

Tugasnya saat itu berfokus untuk merekonstruksi pabrikan yang sedang dalam masa krisis pada awal 2000. Pada 2014, ia tidak lagi menduduki posisi sebagai President MMC, namun diamanatkan menjadi Chairman. Dua tahun setelahnya, dirinya kembali berurusan dengan masa sulit berupa kasus manipulasi data tingkat efisiensi konsumsi bahan bakar pada 2016.

Osamu Masuko merupakan salah satu sosok dibalik peluncuran Mitsubishi Xpander di Indonesia. Ia sempat hadir di tanah air memperkenalkan model global low MPV dari Mitsubishi Motors bikinan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI).

Turut berduka cita..