Bak pinang dibelah dua, motor Honda CRF 250 Rally dan CRF 250 L memiliki tiga perbedaan. Jika kalian mengira untuk melakukan ubahan antara Honda CRF 250 Rally dan CRF 250 L hanya pada bagian batok depan tentunya salah besar.

Dilansir dari Autofun, Reza Rezdie, Technical Service Division PT Astra Honda Motor mengatakan bahwa kedua motor ini memiliki konsep yang berbeda. Honda CRF 250 Rally diperuntukan bagi Anda yang suka dengan rally touring sementara Honda CRF 250 L diperuntukan bagi Anda yang ingin memiliki motor untuk offroad dengan tenaga mempuni.

Walaupun menggunakan basis yang sama, subtitusi tidak plug & play karena dudukan baut yang berbeda. Seperti Rally memiliki bodi di muka depan dan disertai braket lampu dand winshield, sementara CRF 250 L hanya menggunakan batok dan lampu depan.

Begitu juga dengan tangki bahan bakar, CRF 250 L memiliki ukuran tangki yang lebih kecil volumenya untuk menyesuaikan kebutuhan. Sementara Rally memiliki ukuran tangki besar untuk mendukung perjalanan touring panjang.

Bukan hanya dari bagian bodi saja, beberapa detail mesin juga berbeda meski secara output sama, yakni 25,6 PS di 8.500 rpm dan torsi 23,1 Nm per 6.500 rpm. Seperti pada ECM hingga detail sensornya berbeda. Sehingga hal ini membuat keduanya tak bisa saling tukar komponen.

Kunci perbedaan yang membuat Honda CRF 250 Rally dan CRF 250 L terasa berbeda adalah fitur EVAP, LAF Sensor dan CKP Sensor di Honda CRF250L. Tujuannya memberikan standar emisi yang lebih baik.

Begitu juga dengan komponen ECM (Engine Control Module) atau banyak yang menyebut ECU kedua motor ini juga berbeda. Sebab ECM di CRF250L sudah 48 pin dan versi Rally hanya 33 pin. Sehingga selain komponen ECM yang beda, kabel bodi keduanya juga tak bisa saling pakai.

Sebagai fitur kenyamanan berkendara, CRF250L memiliki panel meter full digital yang tampil modern dan dapat menyajikan informasi komplit terkait sepeda motor. Lampu depan dan sen juga telah menggunakan LED untuk kesan modern serta dibalut dengan desain minimalis. Pada handle motor juga disematkan hand guard yang berguna untuk melindungi tangan pengendara saat trabasan di jalur offroad.

CRF250L hadir dengan varian warna Extreme Red yang dipasarkan dengan harga Rp 79.900.000 on the road (OTR) DKI Jakarta.