Dunia kustom memang tidak ada habisnya, terlebih kustom masuk dalam seni dengan menggunakan media sepeda motor. Tentunya ini bukan batasan bagi Yamaha XSR 115 sebagai motor anyar. Berkat ke apikan para builder tanah air berujung banyaknya pilihan untuk melakukan kustom pada motor ini.

Ditangan Putu Ajus builder AMS Garage, kini Yamaha XSR 155 dengan karakter motor retro memiliki kostum cafe racer. Istilah cafe racer sendiri dikenal sejak medio 1950an di London, Inggris. Kongkow di cafe sambil menunggu tantangan dari rival untuk balap jadi asal muasal genre ini.

Motor cafe racer sendiri memiliki identitas yang tentunya berbedda dari aliran motor kustom lainnya. Semisal bodi mirip dengan motor balap yang menggunakan fairing. Sementara untuk stang kemudi lebih dikenal dengan stang jepit atau clip on.

Sementara pada bagian buritan cafe racer identik dengan jok tunggal dengan adanya buntut tawon atau sering dijuluki jok hornet. Sejalan dengan identitas cafe racer, builder yang akrab di sapa Ajus memanfaatkan bahan almunium sebagai bodi secara keseluruhan.

“Jadi alumuniumnya kami gosok-gosok secara manual pakai tangan sampai halus dan mengilap. Dengan hairline polish finishing terlihat seperti ada serat-serat rambut pada bahan alumunium. Dengan konsep seperti ini, kami ingin memperlihatkan totalitas dan kualitas, serta modifikasi adalah seni, butuh waktu dan pendalaman yang kuat untuk karakter motor ini,” jelas Putu Ajus.

Ditambah dengan tipe setang dengan underyoke dan penggunaan ban slick membuat motor tampak terlihat lebih gagah. Untuk meredam kecepatan motor Ajus mengandalkan caliper Brembo.

Penggunaan suspensi mono sok ternyata berdampak keren untuk penampilan ‘Sang Macan’, nama yang disematkan untuk Yamaha XSR 155 bergaya cafe racer ini. Yang cukup menarik dibagian kaki kakinya adalah velk belakang yang dibuat wheeldop sebagai cover. Sedang untuk ban besar tipe slick memakai merek lokal, yakni IRC Fasti 1 berukuran 140/70-17 dan belakang Pirelli Diablo Superbike 180/70-17.

“Yamaha XSR 155 ini cukup mumpuni untuk diubah menjadi cafe racer sesuai karakter AMS Garage. Dan kami menggunakan beberapa part dari limbah moge. Ya, boleh dibilang mewah untuk XSR 155 yang dimodifikasi jadi café racer,” ucap Putu Ajus dari AMS Motorcycle Garage.