Car_Fire

Pemerintah Perancis telah mengeluarkan pernyataan tentang korban kendaraan pada malam tahun baru 2015. Sebanyak 940 kendaraan ludes terbakar, diantaranya adalah mobil, vans dan skuter. Hal tersebut disampaikan oleh Perdana Menteri Perancis, Manuel Valls, baru-baru ini.

Dalam konferensi pers yang dihelat di Paris, Valls menyebutkan adanya penurangan jumlah kendaraan yang dibakar. Ada penurunan sebanyak 12 persen jumlah kendaraan dibandingkan tahun sebelumnya. Hal tersebut sebanding dengan jumlah petugas polisi yang dikerahkan untuk pengawalan di malam tahun baru, mencapai 90 ribu petugas yang memecahkan rekor penerjunan.

Tradisi bakar-bakaran kendaraan ini memang tergolong unik. Semua dimulai pada awal 1990’an sebagai bentuk protes terhadap kota sekitar. Namun entah kenapa berkembang menjadi sebuah kontes diantara daerah-daerah di Perancis. Para pemuda yang tinggal di pinggiran kota besar seperti Paris, Strasbourg, Marseilles dan Toulouse turun ke jalan untuk melihat siapa yang paling banyak dapat menyebabkan kekacauan.

Anehnya, sebanyak 20 – 20 persen dari mobil yang dibakar pada malam tahun baru kemarin memang sengaja dibakar oleh kehendak pemiliknya. Meski begitu, bila dibandingkan dengan jumlah kendaraan sebanyak 40,000 mobil yang terbakar setiap tahun, 940 unit tidak menujukan sebuah jumlah yang berarti.

Image: motoringresearch