Di Indonesia, Proton rupanya belum mati. Setelah terbilang cukup lama vakum di kancah penjualan mobil tanah air, pabrikan Malaysia yang dipegang distribusinya oleh PT Proton Edar Indonesia tersebut kembali akan menghadirkan model terbaru Proton Iriz, tengah Februari ini.

Sebelum resmi diluncurkan, Proton memperkenalkan Iriz kepada khalayak media nasional di Sentul, Bogor, Kamis (9/2). Di negeri kelahirannya, hatchback ini diklaim Proton hadir sebagai penantang Honda Jazz atau Daihatsu Sirion pada segmen B. Namun jika dilihat dari kapasitas mesinnya, di Indonesia Iriz akan berhadapan dengan Honda Brio, Toyota Etios Valco dan Daihatsu Sirion.

Shahidin  Sahamid, Regional Head ASEAN, International Sales Division Proton Holding menyebutkan, Iriz didesain dan dikembangkan oleh Proton sendiri, dengan bertukar teknologi bersama Lotus. Dibanding dengan merk lain di kelas yang sama, Iriz di klaim memiliki banyak keunggulan.

“Salah satunya adalah Iriz telah mendapatkan rating bintang lima dari Asian NCAP dalam uji tabrak. Ini cukup menarik, karena di segmen ini, jarang sekali ada yang mendapat rating bintang lima,” timpal Shahidin.

Di Indonesia, Proton Iriz akan mengusung mesin 1.332 cc yang dilengkapi dengan penggerak variabel katup VVT. Tenaga puncaknya sendiri mencapai 94 dk dengan torsi 120 Nm. Transmisi otomatik akan menggunakan model sabuk baja atau CVT sementara manual akan memiliki 5-percepatan.

Di Malaysia, Iriz tersedia dalam tiga varian. Yakni Standard, Executive dan Premium. Indonesia menjadi negara ketiga di Asia setelah Brunei Darussalam yang akan memasarkan hatchback mungil berdesain sportif ini.