Usai absen akibat pandemi Covid-19 akhirnya gelaran Sumatera Bike Week (SBW) kembali hadir dipertangahan tahun 2022. Acara yang sudah dikukuhkan menjadi event nasional Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI) akan berlangsung pada (30/6 – 3/7 2022) terpusat di Lapangan Kantin Bukitinggi.

Sumatera Bike Week 2022 diharapkan bisa membangkitkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Sumatera Barat dan memulihkan perekonomian serta pariwisata di Indonesia. “Kami harap ini bisa memberikan dampak positif terhadap UMKM lokal atau Sumatera Barat sehingga dapat membuat ekonomi di Sumatra Barat menggeliat,” tambah Husdi Karyono, Sekertaris Jenderal HDCI.

Gelaran 2 tahunan ini akan dihadiri oleh ribuan bikers pengguna motor besar dan kecil. Direncanakan para peserta yang akan hadir bisa tiba di lokasi acara pada tanggal 30 Juni untuk mengikuti acara selama 4 hari.

“Tahun ini menjadi yang terlama, karena biasanya kita gelar selama 2 hari dan acara SBW 2022 ini akan berlangsung 4 hari, ada satu hari khusus kita buatkan untuk masyarakat Sumatera Barat. Rencananya akan dibuka pada 30 Juni tergantung dari jadwal kedatangan seluruh teman-teman yang riding menuju Padang,” ujar Ketua Panitia Sumatera Bike Week 2022 yang ke V (SBW), Mahendra Jaya

Untuk mendongkrak UMKM akan ada 60 booth yang telah disiapkan untuk menjajarkan barang dagangan mereka dan nantinya lokasi food court juga akan diisi oleh UMKM. Mahendra juga mengatakan nantinya akan banyak gelaran acara untuk para peserta mulai dari menghadiri Hari Bayangkara, gelaran adat, acara masyarakat dan hiburan.

“Kegiatan ini bukan hanya sekedar party komunitas motor, tetapi juga bakti sosial dan membangkitkan perekonomian dan pariwisata. Dana yang akan kita siapkan berkisar Rp 2 Milliar, termasuk support dari Ketua HDCI sebesar Rp 1 Milliar.” tambah Mahendra.

Husdi juga menjelaskan nantinya para peserta bisa mengakses 4 rute mulai dari pesisir Barat, Tengah, Timur dan yang terakhir Utara yaitu Aceh. Dari perjalanan ini bisa dikatakan banyak UMKM yang akan terbantu saat rombongan melakukan transaksi disepanjang jalan.

“Memang kita mendapatkan pengawalan, naumun bukan pengawalan VVIP. selain itu member HDCI juga sudah mendapat pembekalan sebelum melakukan perjalanan. Dan kami juga mengundang para bikers untuk menghadiri acara ini.” tutup Husdi.