Pabrikan Korea, Samsung, yang dikenal dengan produk telepon genggam dan televisi mengeluarkan sebuah inovasi yang akan membuat jalanan menjadi lebih aman. Diberi nama Safety Trucks, teknologi ini memudahkan mobil-mobil yang kerap ingin mendahului truk untuk dapat melihat apa yang ada tepat di depan truk tersebut.
Seperti yang diketahui, mendahului truk memang membutuhkan ketepatan yang tinggi. Terlebih lagi di jalanan yang berbagi lajur seperti Indonesia, dimana tidak ada pembatas bagi mereka yang melaju dari arah berlawanan. Tubuh trailer yang panjang bisa menjadi sangat mengganggu kala ingin melakukan manuver karena tidak mengetahui kendaraan apa saja yang melaju dari arah berlawanan.
Safety truck milik Samsung ini mengatasi measalah tersebut dengan membuatnya menjadi transparan. Transparan di sini maksudnya adalah kendaraan di belakang truk dapat melihat persis apa yang ada di depan melalui empat monitor besar yang disatukan di belakang truk. Sumber real timenya adalah kamera yang diletakkan tepat di kepala truk dan sebuah sensor khusus disediakan untuk mengatasi masalah gelap di malam hari.
Sayangnya inovasi ini masih dalam tahap awal dan purwarupanya sedang diuji di Argentina.Menurut data yang dilansir Samsung, negeri asal Maradona itu memang rawan kecelakaan lalu-lintas, bahkan memiliki peringkat ke-lima terbesar secara jumlah di seluruh dunia. Selain itu raksasa teknologi Korea Selatan ini sedang bekerja keras dengan mengajukan usul tersebut kepada pemerintah dan badan-badan-badan non profit dunia.