Menurut data yang disajikan oleh Indonesia Police Watch, sepanjang tahun lalu tercatat 28 insiden yang terjadi di aksi balap liar. Kecelakaan tersebut mengakibatkan 31 orang tewas dan 1o orang luka-luka. Angka ini naik dibandingkan 2014, dimana terdapat 29 orang tewas dan 5 orang luka-luka.

Berangkat dari data tersebut, Paramount Land bekerjasama dengan Otomania.com menghelat ajang bertajuk Otomania Speedzone 2016. Balap Drag Bike 201 meter yang digelar di Sirkuit Bez Auto Center, Gading Serpong, Sabtu-Minggu (3-4/9) dimaksud diramaikan oleh 400 starter. Mereka akan memanaskan aura kompetisi di 14 kelas yang dilombakan.

Kompetisi ini mengajak para drag biker turun berpartisipasi langsung di kejuaraan resmi dibanding mengikuti balap liar di jalanan umum yang mengganggu ketertiban. Menurut Aris Harvenda, Managing Editor Otomania.com, “Selain diperuntukkan sebagai wadah untuk penyaluran hobi para pembalap motor, ajang ini juga sejalan dengan Gerakan Tertib Lalu Lintas (GATEL) yang menjadi kampanye Otomania.com agar pengguna jalan selalu mengedepankan ketertiban lalu-lintas. 12 Agustus lalu, di Jalan Boulevard Raya, Gading Serpong, kampanye GATEL telah digulirkan sebagai bagian dari launching Otomania Speedzone”.

Pada kesempatan terpisah, Andreas Nawawi, Managing Director Paramount Land menyampaikan, “Balap motor adalah kegiatan yang memiliki peminat sangat tinggi, terbukti dengan banyaknya titik lokasi balap liar. Namun hobi ini tidak terfasilitasi dengan baik hingga muncullah berbagai balapan liar yang tidak hanya mendatangkan petaka untuk sang pembalap tetapi juga kepada para penonton kegiatan tersebut.

Menghadapi kondisi tersebut, kami selaku salah satu pengembang di Kota Gading Serpong bersama Otomania.com tergerak untuk memberikan wadah kepada para pembalap motor untuk menyalurkan hobinya melalui kegiatan yang sesuai dan aman, Speedzone. Kami menyediakan lokasi di area Bez Auto Center yang dapat difungsikan untuk kegiatan otomotif baik drag bikesafety riding, dan sebagainya. Dengan trek yang lurus dan sudah semi permanen, serta kualitas aspal sirkuit yang sesuai dengan kebutuhan kegiatan balap.”

14 kategori sesuai spesifikasi motor yang diikutsertakan adalah:

Kelas Utama :
1.      Bebek 4 Tak Tune Up s/d 130 cc 
2.      Bebek 4 Tak Tune Up s/d 200 cc
3.      Sport 2 Tak Tune Up Rangka Standard s/d 155 cc
4.      Matic Tune Up s/d 200cc
5.      Sport 4 Tak 150 cc Standard Showroom (Full Body Firing)
6.      Sport 4 Tak 250 cc Standard Showroom (Full Body Firing)
7.      Sport 4 Tak 250 cc Tune Up (Full Body Firing)
8.      Super Bike diatas 400 cc
 
Kelas Supporting :
1.      Bebek 2 Tak Tune Up s/d 130 cc
2.      Sport 2 Tak Tune Up s/d 140 cc
3.      Sport 2 Tak Tune Up s/d 155 cc
4.      Matic Tune Up s/d 155 cc
5.      Free For All (FFA)
6.      Bracket  9 Detik (Lokal Jakarta & Banten)