Sesuai dengan namanya Royal Enfield Classic 500 menyuguhkan desain motor klasik. Secara peruntukan motor ini mampu melahap jalan aspal dengan mudah namun kurang tangguh untuk dibawa main tanah.

Ditangan Rizqi Pratama atau lebih dikenal dengan Rizqi Lembinc motor Royal Enfield Classic 500 kini mampu diajak bermain tanah dengan spesifikasi mesin yang standar tanpa ubahan.

Foto: Lembinc

Project dalam kriteria total ini memudahkan Rizqi Lembinc dalam eksekusi. Obrolan santai dengan sang owner menjadi acuan Rizqi untuk membuat sketsa dalam bentuk visual.

“Owner dari motor ini maunya ngga terlalu klasik dan juga tidak terlalu modern. Dari situlah terpilih tipe scrambler dengan basis motor Royal Enfield Classic 500. Walaupun mengambil konsep dari Triumph saya tidak mau menghilangkan karakter dari Royal Enfield,” buka Rizqi.

Foto: Lembinc

Jika melihat dari basis Royal Enfield Classic 500 ubahan yang sangat kentara ada pada sasis jok belakang sebagai penunjang dudukan pembonceng. Identitas motor Triumph terlihat pada bagian tangki bensin. Jika pada motor Triumph ada tank pad pada sisi kanan kiri tangki, di Royal Enfield tangki dibuat pipih dengan tambahan emblem Royal Enfield. Melalui konsep ini motor ini mendapat julukan Troy (Triumph Styled Royal Enfield).

Guna menunjang kenyamanan dan konsep scrambler, lengan ayun mendapat tambahan 8 cm, sementara pada bagian kaki kaki suspensi depan sudah upside down milik Suzuki GSX750R. Velk TK ring 18inch dan 19inch dibalut dengan ban Shinko Bigblock. Ubahan ini tentunya menjadi kunci dari konsep scrambler yang diinginkan.

Foto: Lembinc

Kesan mewah juga ditampilkan pada sitem pengereman yang sudah doube disc. Tidak hanya sampai di situ indikator bensin dan kecepatan motor dikemas secara ringkas namun fungsional berkat penggunaan motogadget on sposters.

Lampu sein kini ditempatkan di ujungstang kemudi sedangkan untuk stoplamp tertanam di rangka bagian belakang. Bukan berarti tidak ingin bermain banyak warna. Penggunaan warna hitam metalik dan hitam dope lebih pada warna bawaan motor yang tertera pada Surat Tanda Nomor Kendaraan.

Foto: Lembinc

“Owners dari motor ini sudah puas dengan hasil motor kustom dari Royal Enfield Classic 500 yang dibuat jadi scrambler. Namun ada satu keinginan yang masih belum tercapai sehingga membuat motor ini harus kembali ke saya dan kustom tampilan baru”, tutup Rizqi.
Spesifikasi Troy (Triumph Styled Royal Enfield):

Royal Enfield Classic 500 Stealth Black 2018.

Frame : OEM with add on subframe
Engine : OEM
Swingarm : OEM Extended 8cm
Body : custom
FR shock : USD GSX750R, triple top clamp CNC
RR shock : Modified 11.5 Armstrong
Exhaust : THRV Louie muffler with custom stainless header and heat cover
Rims : TK spain 18-250 rr, 19-215 fr
Tire : Shinko Bigblock

Accessories :
Brake hose : HEL
Speedometer : Motogadget on Sportster’sPet
Headlight : Cyclops Daymaker
Turnsignals : Aftermarket
Stoplamp : LED stripe
Footpeg : THRV Odipus
Gascap : Monza style