Fiat Punto (1)

Setelah lama menghilang dari pasar otomotif global, mini hatchback ala Fiat ini akhirnya kembali membawa misi untuk lanjutkan sejarah pabrikan sebagai produsen mobil kecil terbaik di dunia. Namun untuk kelas mini hatchback premium di Indonesia, nama hatchback ini terbilang masih baru. So, mari kita berkenalan dan mengulik secara langsung tentangnya. Siapa tahu Anda tertarik untuk menjejali garasi rumah dengan mini-hatch beremblem Fiat ini.

Punto!. Begitulah pabrikan memanggil si hatchback imut ini. Dan menurut silsilah keluarga Fiat, Punto lahir sebagai keturunan Uno, salah satu sedan tanpa pantat yang pernah diproduksi oleh pabrikan kendaraan asal Italia, Fiat pada tahun 1983. Tapi ternyata Fiat tak puas dengan Uno, mereka kembali dan terus mengembangkan ‘imajinasi’. Sepuluh tahun berlalu sejak kelahiran Uno, Fiat akhirnya menetaskan Punto, dan  melabuhkan mini-hatchback ini ke arena bermain yang berbeda.

Sejak saat itu, penjualan Fiat Punto di pasar Eropa dan India terus memperlihatkan progress yang baik. Kebanggaan itulah yang membuat para insinyur dan mekanik Fiat terus mengembangkan si hatchback imut ini hingga tiga generasi. Dan baru kemarin (07/07), aspal Indonesia akhirnya bisa merasakan gesekan ‘sepatu’ dari si Punto dengan dua varian sekaligus, yaitu Fiat Punto Easy dengan Fiat Punto Lounge. Dan menurut informasi terakhir, stok mini-hatchback seharga Rp 249 juta (Easy) dan Rp 279 juta (Lounge) ini hanya sedikit, yaitu 200 unit untuk Indonesia. But, wait, apakah mini-hatch murah ini adalah Punto asli Italia atau made in India?. Let’s check this out!.

Sekilas desain mini hatchback ini memang sejurus dengan produk Punto generasi ketiga yang ada di pasar Eropa dan India (2008). Yaitu, desain yang cenderung membulat, berpenampilan imut plus bakal banyak disukai oleh anak muda dan keluarga muda. Namun, PT Garansindo Inter Global (APM Fiat di Indonesia) secara resmi telah mengklaim, bahwa kendaraan yang lahir pada tahun 1993 ini, secara khusus di bawa ke Indonesia dengan kemurnian taste Italia, bukan India. Ah… lega rasanya mendengar, kalau ternyata ia bukan mobil tumpangan Sharul Khan.

Fiat Punto (5)

And, Viola!. Sejak desain exterior, interior juga ragam teknologi yang dibenamkan padanya terkuak secara langsung, saya-pun semakin yakin bahwa dua varian hatchback lucu ini benar-benar di import secara utuh dari Italia. Lihat saja, kelir tubuh manisnya. Ia tampak seperti sepiring macaroon warna-warni khas Italy bukan?. Dan secara garis besar antara Fiat Punto Easy dengan Fiat Punto Lounge tidaklah jauh berbeda. Hanya saja, Fiat Punto Lounge telah dilengkapi dengan Foglamp pada grill depan dan rear spoiler pada bagian belakang kendaraannya.

Masuk kedalam kabin. Tak ada perbedaan yang mencolok antara versi Punto Easy dan Punto Lounge. Hanya bahan pelapis jok saja yang membuat mereka berbeda harga. Fiat Punto Easy dilengkapi dengan pelapis jok yang sejenis dengan dengan bahan jeans namun terasa soft ketika disentuh. Sementara Fiat Punto Lounge mempergunakan bahan kulit. Selain itu secara kasat mata, tidak ada perbedaan lainnya. Desain dashboard tampil cukup dinamis dengan tampilan yang cukup ramah dipandang mata. Ya, Fiat memang tidak terlalu banyak memberikan tombol untuk fitur yang biasanya justru menjadikan dashboard terlihat rumit.

Nah, untuk paket fiturnya, Fiat sengaja membenamkan ragam teknologi yang berbeda untuk kedua versi ini. Fiat Punto Easy hadir dengan fitur manual air conditioning, Blue& me™, Height and reach adjustable steering wheel, height adjustable driver’s seat,  start&stop system, trip computer, remote central door locking, radio/cd/mp3, velg 15 inci, jok dengan pelapis bahan denim, premium dashboard, 7-airbag, lingkar kemudi & shifter berbalut kulit dari Italia, cruise control, rear parking sensor, USB/AUX connection serta Dark finish headlamp.

Fiat Punto (3)

Sedangkan Fiat Punto Lounge, yang merupakan varian tertinggi memiliki fitur yang lebih canggih serta melengkapi fitur yang sudah hadir di Fiat Punto Easy seperti digital dual-zone climate control, trim interior yang lebih mewah, sport-seat yang dilapisi bahan kulit dan memiliki power lumbar support, front arm rest, cruise control, Blue&Me dengan bluetooth, USB serta Aux input.

Selain itu, terdapat pula ambient lighting pada dashboard, slot untuk GPS, adaptive front foglights with cornering function serta beragam informasi mengenai konsumsi bahan bakar, jarak tempuh serta pengaturan kendaraan yang terdapat pada cluster meter speedometer, Electrochromatic internal rearview mirror, Chrome exterior mirror covers, spoiler dan chrome exhaust tip, dan velg 16 inci.

Fitur adaptive cornering foglight merupakan fitur keselamatan inovatif yang hadir hanya pada mobil mewah, dimana lampu tersebut akan menyala sesuai dengan arah lingkar kemudi, untuk memberikan penerangan lebih saat sedang berbelok sehingga memberikan pengemudi rasa percaya diri dan meningkatkan keselamatan seluruh penumpang maupun pengendara lain.

Fiat Punto (4)

Salah satu fitur unik pada Fiat Punto adalah system Start & Stop. Sebuah fitur yang mengutamakan efisiensi bahan bakar dalam berkendara di dalam kota. Fitur yang mampu mematikan mesin secara otomatis, sangat berguna untuk penggunaan dalam kota yang padat seperti di Jakarta, sehingga efisiensi benar-benar terjaga.

Buka kap mesin kedua versi Punto ini. Maka Anda akan mendapatkan kode mesin yang sama dikeduanya, yaitu 1,4L MultiAir. Mesin ini memiliki kelebihan untuk menghasilkan torsi yang lebih besar, namun tetap memiliki efisiensi bahan bakar yang mumpuni. Tercatat, Fiat Punto mamu melepaskan torsi sebesar 115 Nm dan tenaga maksimum mencapai 88,7 HP. Daya tersebut dikawinkan dengan Manual Transmission Automatic (MTA) dual-logic, 5-speed. Transmisi ini memberikan kesempatan kepada pengemudi untuk melakukan pergantian transmisi secara otomatis ataupun manual tanpa harus menekan pedal kopling.

Fiat Punto (2)

Dan uniknya, kedua Fiat Punto ini telah memiliki Gear Shift Indicator (GSI). Sebuah fitur yang memberitahu pengemudi tentang pergantian transmisi yang tepat, sehingga efisiensi bahan bakar yang diharapkan sebesar 15% dapat tercapai. Pihak Fiat-pun telah mengklaim, bahwa dengan ragam fitur berteknologi ini konsumsi bahan bakar Ron 92 (Pertamax) Punto, bisa mencapai 14km/liter dan luar kota 16km/liter.

Selain fitur penghemat BBM, paket hatchback imut nan stylish ini tampak semakin lengkap dengan kehadiran fitur keselamatan bintang 5 dari Euro NCAP. Sebut saja, rangka Fiat Punto yang terbuat dari bahan high-strengh steel yang dipadukan dengan suspense Independent MacPherson  strut pada bagian depan dan torsion beam pada bagian belakang untuk mencapai pengendalian yang optimal. Tak hanya itu, Fiat juga telah membekali mobil ini dengan dual drive power steering, airbag pada pengemudi dan penumpang. Total ada 7 airbag yang dipergunakan mobil ini. tak lupa, Fiat juga telah melengkapi monil ini dengan Anti-lock braking system (ABS) dan juga Electronic Stability Programme (ESP).