Selain airbag atau kantung udara, pengencang sabuk pengaman (seat belt tensioner) awalnya disebut dengan pengencang sabuk (belt tightener), merupakan inovasi yang muncul pertama kali di bulan Desember 1980 dan dikenal sebagai inovasi di bidang keselamatan yang terbaru dan mutakhir dari Mercedes-Benz.

Empat dekade lalu, Mercedes-Benz juga memiliki inovasi lain untuk sabuk pengaman. Pada akhir tahun 1980-an, Mercedes-Benz meluncurkan airbag  pengemudi bersama dengan sistem pengaman untuk penumpang depan, yang pada saat itu dikenal sebagai “pengencang sabuk”. Namun pada tahun 1984, pengencang sabuk pengaman, sebutan yang sekarang lebih dikenal dengan fitur keselamatan ini, sudah menjadi perlengkapan standar untuk kursi depan semua mobil penumpang Mercedes-Benz.

Empat puluh tahun lalu, di tahun 1980, sedan luxury S-Class seri model 126 dalam jumlah terbatas merupakan mobil pertama yang dikirimkan ke pelanggan dengan teknologi ini dan menjadi milestone terbaru di bidang keselamatan pasif dalam serangkaian inovasi luar biasa dari Mercedes-Benz.

Lebih dari 100 unit S-Class disematkan dengan sistem keselamatan terbaru ini dan diluncurkan dari jalur perakitan di bulan Januari dan Februari 1981. Hal ini mengantarkan kesuksesan sistem pengaman (restraint system) yang selanjutnya diadopsi dengan cepat oleh banyak pabrikan otomotif di seluruh dunia.

Pengencang sabuk pengaman ini segera tersedia pada tahun 1982 sebagai fitur tambahan opsional untuk semua mobil penumpang Mercedes-Benz.

Belt tensioner atau penegang sabuk pengaman bereaksi terhadap sinyal sensor yang sama seperti airbag pengemudi, yang juga dipicu oleh percikan api yang terkontrol dimana muatan propelan ditembakkan untuk mengencangkan sabuk pengaman pada tiga titik kursi hanya dalam waktu milidetik. Hal ini menghilangkan kekosongan ruang antara tubuh bagian atas penumpang dan sabuk pengaman, sehingga kedua pengemudi dan penumpang depan ditahan erat oleh sabuk pengaman di kursi masing-masing.

Perkembangannya terus berlanjut selama bertahun-tahun setelahnya. Sejak 1995, penegang sabuk pengaman digabungkan dengan pembatas daya sabuk. Di tahun 2002, para insinyur menambahkan pengencang sabuk pengaman elektronik ke penegang sabuk piroteknik dengan pengenalan sistem perlindungan penghuni preventif PRE-SAFE®. Berbeda dengan penegang sabuk pengaman piroteknik, sistem elektroniknya bekerja secara reversible, sabuk pengaman dapat dilonggarkan lagi jika tidak terjadi benturan.