Setelah booming harga Vespa Primavera Sean Wotherspoon tembus dijual kembali hingga Rp 150 juta di Indonesia, ternyata PT Piaggio Indonesia masih memiliki satu lagi kuncian Vespa edisi spesial dan terbatas yang akan diluncurkan dalam waktu dekat atau setidaknya di tahun ini. Hadir dengan aura racing competition atau kompetisi balap, Vespa limited edition dimaksud yang akan hadir adalah Vespa Racing Sixties Edition.

Menurut pernyataan Marco Noto La Diega, Presiden Direktur PT Piaggio Indonesia saat peluncuran vespa Primavera Sean Wotherspoon Edition beberapa waktu lalu, pihaknya masih akan meluncurkan beberapa model limited edition untuk tahun ini dari merek Vespa.

Ucapan ini kemudian diperkuat oleh unggahan sosial media Instagram resmi Vespa Indonesia di @vespa_ind yang menampilkan postingan dengan caption “Are you ready to race? Coming soon in Indonesia”.

Di beberapa negara, model ini memiliki 2 varian, yakni Vespa Sprint Racing Sixties dan Vespa GTS 300 HPE Racing Sixties. Keduanya terinspirasi dari  masa kejayaan Vespa yang turun di ajang balap pada era 1960-an.

Baik Vespa Sprint Racing Sixties maupun Vespa GTS 300 HPE memiliki sentuhan garis yang cukup kontras di sektor depannya. Selain itu, ada juga beberapa detail kecil, seperti spion hitam, velg berwarna emas, dan sepasang garis pada body.

Di berbagai negara, Malaysia contohnya, Vespa Racing Sixties Edition ini sudah resmi dijual sejak Juli lalu. Untuk masing-msaing model, harganya dibanderol RM 19.100 untuk Sprint Racing Sixties Edition dan RM 31.400 untuk GTS Super 300 Racing Sixties Edition.

Vespa Racing Sixties Edition kali ini berbeda dengan Vespa GT 60 Edition yang pernah diluncurkan oleh Piaggio medio 2006 lalu.

Vespa Racing Sixties Edition merupakan model yang terinspirasi dari livery Vespa balap pada tahun 1960-an. Motifnya menggabungkan kemewahan dengan masa keemasan gaya pembalap Vespa di zaman dulu. Selain warna yang menarik, ada pula aksesori tambahan untuk model Sprint dan GTS demi menunjang tampilan klasik.

Untuk Vespa GT 60 Edition lansiran 2006, merupakan Vespa edisi Anniversary 60 tahun usia Piaggio di dunia sejak 1946. Vespa GT 60 Edition menggunakan basis dari Vespa large frame GTV 250 ie yang punya kapasitas mesin 244 cc dengan warna abu-abu yang identik.