Kesuksesan menjadi tuan rumah World Superbike (WorldSBK) dan MotoGP membuat Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok menjadi bukti keseriusan Indonesia dalam olahraga balap motor dan mobil. Untuk menindak lanjuti keseriusan ini Mandalika Grand prix Association (MGPA) membuka diri dengan mengajak promotor lokal, nasional dan Internasional untuk mengadakan acara balap di sirkuit ini.

Dikabarkan dalam waktu dekat Pertamina Mandalika International Circuit akan digunakan untuk track day. Dan pihak MGPA juga terus melakukan diskusi dengan berbagai konsultan dari luar negeri untuk penanganan sirkuit kedepannya.

Priandhi Satria, Direkur Utama MGPA, mengatakan, beberapa promotor nasional dan asing telah datang dan melihat langsung berbagai fasilitas di dalam area Pertamina Mandalika International Circuit, seperti paddock, pit lane, timing system, CCTV lintasan, pos marshal serta lintasannya sendiri.

“Hingga saat ini, pihak MGPA masih terus melakukan diskusi dengan berbagai promotor baik lokal, nasional maupun internasional,” ujar Andhi, dalam keterangan resminya.

Lebih lanjut Andhi menambahkan, dalam waktu dekat ini, Sirkuit Mandalika akan menggelar beberapa kegiatan, yakni Pertamina Mandalika International Circuit Track Day dan Honda Media Day.

“Mandalika Track Day ini merupakan acara MGPA dengan kegiatan motorsport baik roda dua maupun roda empat yang diberikan izin untuk memasuki dan merasakan lintasan Pertamina Mandalika International Circuit yang akan dilangsungkan pada tanggal 21-22 Mei 2022,” kata Andhi.

Andhi mengatakan, tujuan utama acara yang dibuat MGPA ini adalah dalam rangka memperkenalkan Pertamina Mandalika International Circuit kepada penggemar otomotif, baik pebalap maupun komunitas.

Sementara untuk Honda Media Day, digelar oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) dengan kegiatan memperkenalkan salah satu mobil baru dan mengujinya di Sirkuit Mandalika.

“Honda ingin memperkenalkan dan menguji produk mereka dengan mempergunakan lintasan Pertamina Mandalika International Circuit yang terdapat berbagai macam lintasan, seperti lintasan panjang untuk menguji performa mesin dan pengereman, serta berbagai tikungan untuk menguji performa suspensi, serta berbagai hal lainnya,” ujar Andhi.