Baru-baru ini diberitakan bila Opel sedang mengembangkan teknologi pemindai mata yang dapat digunakan dan disinkronkan dengan lampu depan mobil. Terdengar futuristik? Berikut ini ulasannya.

Ingatkah Anda dengan sang sistem computer serba bisa HAL 9000 dalam serial Space Odyssey? Nah, sistem ini bakal sanggup bekerja sepintar itu dalam menganalisa mimic syaraf mata kita dalam memandang jalanan. Hal tersebut sanggup dilakukan berkat  kerjasama perangkat lunak dan seperangkat komponen-komponen rumit lainnya yang berafiliasi dengan kamera sehingga sanggup untuk memindai mata kita lebih dari 50 kali per detik di malam hari.

Hasilnya Voila! Sistem itu akan mampu untuk mensinkronkan penyesuaian lampu depan secara horizontal maupun vertikal. Dulu sistem ini masih berupa prototype namun Opel mengatakan bila mereka sudah sanggup mentransfer data lebih cepat dan bereaksi dalam jangka waktu yang kilat.

“Keuntungan terbesar dari pemindai mata adalah tidak harus dikalibrasi secara individual untuk para pengendara. Sistem ini berfungsi cerdas dengan siapapun di balik kemudi, tidak peduli ukuran tubuh dan usia,” papar Ingolf Schneider, Director Lighting Technology Opel.

Sayangnya hingga saat ini belum dilansir kapan Opel akan meluncurkan teknologi ini.