Slide On Sunday (SOS) yang sejak awal fokus menggarap ajang fun race flattrack terus berusaha agar balapan adu kebut di skena ini dapat lebih dikenal luas dan dinikmati oleh berbagai kalangan. Di dalam setiap acaranya, SOS selalu berusaha untuk mengemas balapan ini dalam format yang lebih tertata.

Hal ini bertujuan agar dari sisi industri bisa menarik lebih banyak lagi stakeholder yang mendukung balapan yang sudah besar di negara lain. SOS ini sendiri diinisiasi oleh beberapa pihak seperti Axial Garage, 645 Magazine dan juga Hiro Motorcycles.

Dari beberapa acara yang sudah dilakukan ternyata berhasil menarik perhatian beberapa pihak terutama bagi para custom enthusiast di Indonesia. Tidak ayal jika di berbagai event motoran akhirnya menyajikan ‘menu’ baru ini.

Dalam event Kustomfest 2022, Tim Slide On Sunday menggandeng brand apparel lokal dan produk aftermarket untuk tampil pada perhelatan Fun Race Flattrack yang berlangsung di kawasan Jogja Expo Center pada 1-2 Oktober 2022 di Yogjakarta.

“Produk-produk yang mendukung tim Slide On Sunday yang kita pilih kali ini memang berkaitan langsung dengan kebutuhan balapan Flattrack,” ujar Galih Pratama dari Axial Garage salah satu founder Slide On Sunday. Salah satunya adalah produk apparel riding lokal yaitu RYMN Moto Division yang merupakan spesialis jersey untuk keperluan pecinta dirt bike, seperti halnya apparel untuk kebutuhan balap flattrack.

RYMN Moto Division berkolaborasi dengan SOS menghadirkan jersey dengan desain dan cutting vintage yang cocok dipakai untuk bermain di lintasan flattrack bersanding dengan motor-motor balap custom.

“Untuk kolaborasi awal ini jersey model vintage ini kita luncurkan 2 desain terlebih dulu. Asiknya cutting dan desain yang kita pakai mengikuti balap vintage flattrack yang sudah kita riset sebelumnya,” Jelas Arif Widi selaku Chief Marketing RYMN Moto Division yang membandrol jersey ini seharga Rp 350.000,-.

Sedangkan dari produsen part aftermarket lokal ada Scarlet Racing yang merupakan produk aftermarket dalam negeri dan fokus dalam menyediakan produk terbaru untuk para pecinta lintasan tanah. Salah satunya velg ring 19 inchi yang memang jadi kebutuhan di ajang Flattrack, karena ideal untuk dipakai bermain di lintasan oval.

“Velg ring 19 ini merupakan produk yang baru saja kita release karena banyaknya permintaan, tersedia lebar velg 2.50, 3.00, dan 3.50. Velg iScarlet Racing ini dirancang dengan komponen kualitas terbaik dan tidak kalah dengan brand impor,” ujar Suwandi, Owner Scarlet Racing.

“Memang bila mengacu pada regulasi internasional untuk balap Flattrack baik di Amerika ataupun Eropa mengaplikasi lingkar roda ring 19 inchi untuk roda depan dan belakang” timpal Galih lagi. Velg ring 19 inchi ini cocok dengan ban Shinko khusus Flattrack yang sudah di tawarkan oleh gerai khusus ban import Neo Bursa.

“Khusus untuk balapan kali ini stok yang kita sediakan ada tipe Shinko SR267/268, dengan diameter roda depan ukuran 130/80-19 dan belakang 140/80-19,” jelas Indra Syakri dari Shinko Indonesia.

Dengan velg dan juga ban yang mendukung, SOS membuat sebuah motor motor custom bergaya Flattrack yang akan menjadi ikon dari Slide On Sunday yang diberin nama Pektay.

“Jika motor dan apparel sudah proper tentunya flattrack bisa jadi mainan yang bergengsi untuk menjadi ajang aktualisasi para custom enthusiast dan tidak tertutup kemungkinan akan menjadi sebuah balapan baru yang terus berkembang di Indonesia. “tutup Galih.