Hajatan bagi para pelaku kustom kultur tanah air, Indonesia Kustom Kulture Festival atau lebih akrab dikenal dengan Kustomfest resmi dibuka. Festival tahun kelima yang digelar di Jogja Expo Center Hall, Yogyakarta (8-9/10) ini diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X sebagai bentuk dukungannya terhadap gelaran ini.

Dalam sambutannya, Sri Sultan Hamengkubuwono X menyebutkan Jogja punya banyak legenda dan juga produk kreatif. Kustomfest merupakan tempat yang tepat bagi anak muda untuk mewujudkan kebersamaan, kerja keras dan menatap masa depan lewat kreatifitas.

“Dengan kreatifitas lokal ini kita harus memimpin menuju dunia global untuk melanjutkan semangat legenda dalam tantangan zaman saat ini. Kustomfest akan menjadi motor penggerak perubahan di Indonesia,” tambah Gubernur Daerah Khusus Ibukota Yogyakarta ini.

img-20161008-wa0007

Mengusung tema besar Reborn Legend, Kustomfest tahun ini mengangkat legenda-legenda Nusantara untuk memberikan semangat serta motivasi kepada anak muda di seluruh Indonesia. Seperti yang diungkapkan oleh Direktur Kustomfest, Lulut Wahyudi disela-sela peresmian Kustomfest 2016.

“Kita punya warisan legenda besar mulai dari kerajaan seperti Majapahit dan Sriwijaya hingga candi Borobudur dan Prambanan. Spirit ini yang menjadikan kekuatan kami dalam mengusung tema Reborn Legend agar kita bisa terus berkarya dan terus berusaha untuk melahirkan legenda. Kita ini bangsa pembuat bukan hanya bangsa pemakai.” tegas pria berkaca mata tersebut.

kustomfest-2016

Seperti gelaran di tahun sebelumnya, Kustomfest 2016 juga menggelar ajang kompetisi Kustom Bike Show yang diikuti oleh 109 kontestan dan Hot Rod & Kustom Car Show yang diramaikan sebanyak 21 mobil.

Sementara untuk konten acara, Kustomfest 2016 diisi dengan program inti yakni Suryanation Motorland Cafe Racer Day, Honda The Battle of the Dream dan Pinstripe Festival. Tak ketinggalan beragam kegiatan spesial lainnya antara lain Corvette Paradise, Burnout Vaganza, Kustomfest 5th Annual Colaboration, Freeflow Pinstriping Battle, Snicker Squad Graffiti dan FUFME The Movie.

Untuk menghibur para pengunjung yang hadir, Kustomfest 2016 juga menyuguhkan beragam acara ala kustom kultur. Seperti parade Kustom Bike Show, Hot Rod & Kustom Car Show, Kustom Paint Battle, Kustom Art & Klasik Island, Vendor Booth, Body Art Show, BMX Contest, Kustom Bicycle & Pedal Car, Pinstripe Carnival dan Helmet Kustom Paint Contest serta hiburan musik dari band legendaries God Bless.