Praktek tertib lalu lintas merupakan suatu hal yang memerlukan komitmen bagi setiap pengguna jalan raya. Oleh karenanya dibutuhkan perhatian dari para pemakai jalan akan keselamatan diri terutama kesiapan selama di perjalanan agar tetap aman, nyaman serta selamat sampai tujuan.

Untuk mendukung praktek tertib lalu lintas tersebut, 3M Indonesia turut berpartisipasi dalam penyediaan stiker reflektif yang menjadi aturan standar dalam berlalu lintas di tanah air. Penggunaan stiker pemantul cahaya ini tertuang dalam Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat no. SK.5311/AJ.410/DRJD/2018 tentang alat pemantul cahaya tambahan.

Penggunaan stiker reflektor ini dapat dipasang pada bagian belakang dan samping kendaraan. Pada bagian belakang menggunakan stiker warna merah, sedangkan pada bagian samping menggunakan warna kuning untuk kedaraan bermotor dan warna putih untuk kereta gandengan dan kereta tempelan.

“Kami memastikan inovasi produk-produk 3M selalu selaras dengan peraturan yang berlaku di setiap pangsa pasar, sehingga bisa memberikan produk yang berkualitas guna mendukung keselamatan pengguna jalan. 3M Indonesia menghadirkan 3M Diamond GradeTM Conspicuity yang memenuhi Perdirjen Perhubungan Darat no. SK.5311/AJ.410/DRJD/2018. bahkan melampaui standar UNECE-R 104 tentang kendaraan angkutan barang seperti truk dan trailer (kereta gandeng) yang dibuktikan dengan adanya logo E-mark pada stiker,” kata Audist Subekti, PhD., Business Director Infrastructure, Construction, Energy, & Government Market, 3M Indonesia.