20140316_131716

Kota Batu semakin layak menjadi tujuan wisata di Indonesia. Karena di tahun 2014 ini, salah satu wahana wisata baru bernama Museum Angkut, sudah dibuka untuk umum. Museum yang berada tepat di area Kota Batu, Malang ini merupakan konsep wisata pertama yang ada di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara.

Wahana wisata yang sudah ada sejak awal tahun 2014 dimaksud menghadirkan berbagai alat transportasi kuno dan modern dari seluruh belahan dunia. Dan museum ini dilengkapi dengan latar tampilan kota asalnya, sangat cocok untuk para pecinta alat transportasi, dan tentunya para penggemar fotografi.

Beragam alat transportasi mulai dari sepeda hingga kereta bisa disimak langsung di sini. Tidak hanya itu, Museum Angkut juga memajang mobil bekas Presiden RI pertama, Soekarno, yakni seri Chrysler Winsor Deluxe produksi 1952, juga ada. Mobil ini baru saja dibawa dari Istana Bukittinggi, dan pengunjung kini bisa melihat dan membayangkan Bapak Bangsa ada di atasnya menjelajah Nusantara. Atau mungkin Anda ingin melihat sepeda kayu produksi China abad ke-18? Di sisi lain museum, ada juga sepeda angin cikal bakal Harley Davidson.

Berada di dalam museum, Anda akan diajak berjalan ke Benua Eropa, negara raksasa otomotif dunia, lengkap dengan latarnya. Misalnya, di Jerman, Anda akan bertemu pabrikan dan suasana parkir pemukiman penduduk asli yang dipenuhi produk Mercedes, Volkwagen, dan motor besar legenda Berliner Mauer. Ada juga Italia dengan Fiat dan Vespanya. Dan, tentunya Inggris dengan mobil-mobil khas kerajaan dan kekunoan yang klasik.

Bagi Anda penggemar film, Amerika pasti akan membuat Anda betah. Tidak hanya berbagai mobil dan motor pabrikan Amerika, seperti Harley Davidson, ada di sini. Turut pula dipajang berbagai mobil yang digunakan dalam film-film box office.

Atau bahkan Anda ingin tahu keberagaman alat transportasi di Indonesia?. Yup, silahkan saja mampir ke Pelabuhan Sunda Kelapa dan Stasiun Jakarta Kota yang dibuat latar awal abad ke-19. Berbagai kendaraan yang menjadi transportasi utama massa Ibu Kota ada juga di sini.

Dan tak hanya alat transportasi darat saja wahana wisata Museum Angkut ini akan semakin semarak dengan berbagai macam ‘mannequin’ pesawat Airbus, kereta api, dan kapal laut yang masih dalam tahap penyempurnaan.

Paket wisata unik ala ‘Hollywood’ ini terbilang cukup murah, sekitar Rp. 40 ribu (weekdays) dan Rp.60 ribu (weekend) saja, dan Anda sudah bisa menikmati Museum yang terletak di Jalan Terusan Sultan Agung, Kota Batu, Jawa Timur, ini secara keseluruhan.

Foto: http://divatp.blogspot.com/