Inovasi yang mendapat apresiasi terkadang datang dari kreativitas yang tidak umum. Seperti halnya yang satu ini, ada sebuah yacht super mewah, dengan bentuk menyerupai sebuah angsa.

Yacht yang kita kenal merupakan mainan-mainan kaum the have atau orang berada dengan kocek miliaran dollar di rekeningnya. Beli supercar atau mobil eksotis, adalah hal yang biasa. Mereka baru dianggap luar biasa apabila memiliki sebuah yacht yang mewah sekedar untuk digunakan saat berlibur.

Lazzarini Design Studio, sebuah perancang yacht terkemuka asal Italia, merilis sebuah model terbarunya akhir tahun lalu dengan bentuk angsa. Gambarnya pun kemudian viral di jagat maya karena bentuknya yang unik, tampilannya yang mewah dan modern.

Yacht tersebut diberi nama Avanguardia. Harganya digadang-gadang mencapai sekitar Rp 7,4 triliun!

Apa yang membuatnya begitu mahal? Pertama adalah konsep leher angsa setinggi hampir 16 meter yang bisa bergerak yang menjadi bagian deck. Deck adalah bagian atau ruangan pusat pengendali atau kontrol dari kapal.


Bagian ini pun bisa dilepas dan dapat menjadi sebuah kapal kecil yang mandiri. Saat deck paling atas ini dilepas, segala kontrol dari yacht utama dilakukan dari bagian ruangan lain di kapal yang lebih rendah. Tercatat ada lima deck atau lima lantai dari keseluruhan yacht Avanguardia saat terpasang lengkap.

Kedua di bagian geladak yacht atau perut kapal. Disana terdapat dua kapsul jet tambahan yang dapat digunakan sebagai armada terpisah dari yacht serta dapat difungsikan sebagai penggerak tambahan dari yacht saat melaju dengan kecepatan penuh.

Ketiga, seluruh unit penggerak dari yacht Avanguardia ini menggunakan mesin listrik ganda ditambah mesin Rolls-Royce jet dari kapsul tersebut dengan kecepatan jelajah tercepat 18 knot. Cukup cepat untuk sebuah yacht berbadan besar.

Keempat, ada dua helipad atau landasan helikopter sebanyak dua buah pada yacht dengan kategori super karena memiliki panjang total 137 meter. Selain dua helipad, yacht Avanguardia ini punya garasi mobil yang dapat memuat total hingga empat unit kendaraan roda empat di sisi samping.

Kelima adalah fasilitasnya. Dua buah kolam renang, satu di lantai teratas dan satu lagi memanjang mengitari seperempat bagian muka yacht. Rasanya belum ada yacht lain yang memiliki fasilitas kolam renang sebanyak dan seeksotik ini.

Menurut penjelasan Lazzarini, desain unik tersebut terinspirasi dari beberapa serial anime Jepang dari tahun 1970-an sampai tahun 1980-an. Kala itu, memang santer beredar anime bertemakan robot, dengan bagian kepalanya sebagai pusat komando.

Tertarik untuk membelinya? Barangkali bisa menjadi mas kawin demi membuat bangga calon mertua Anda.