Melanjutkan ‘Suzuki Bandit 400 Incaran Kolektor Harga Jual Suka – Suka’ part 1. Pembahasan diawali pada bagian bodi belakang, yang mana tampilan belakang Suzuki Bandit 400 cukup sederhana dengan lampu stop lamp plastik berwarna merah dan sein kuning. Dan keduanya masih menggunakan bohlam.

Sementara behel besi yang tertanam dibawah jok tidak merusak tampilan. Justru tetap berfungsi ketika pengendara akan memarkirkan Suzuki Bandit 400 yang beratnya 184 kg.

Kaki – kaki Suzuki Bandit 400 masih mengandalkan suspensi depan teleskopik berukuran 41mm. Dan untuk kenyamanan pembonceng suspensi belakang sudah monoshock.

Karet bundar dengan ukuran depan 110/70 dan belakang 150/70 membalut pelk berukuran 17 inch. Untuk memperlambat laju motor Suzuki Bandit 400 sudah dibekali rem cakram 2 piston dengan ukuran piringan 310mm untuk depan dan 260mm untuk belakang.

Penggunaan nama Bandit yang sering digunakan sebagai nama tokoh penjahat dalam cerita drama di Indonesia, membuat motor ini terkesan paling sangar dibanding kompetitornya. Diatas kertas spesifikasi Suzuki Bandit 400 memiliki kapasitas mesin 398cc in line 4 silinder, DOHC.

Yang dimaksud in line 4 silinder adalah mesin 4 silinder yang berbasis sejajar satu arah. Kondisi ini membuat mesin Suzuki Bandit 400 melebar kesamping namun masih dalam ukuran mesin yang cocok untuk dimensi motor dengan ukuran 2055mm X 705mm X 1060mm.

Masih soal dapurpacu Suzuki Bandit 400 dibekali pendingin cair, transmisi 6 speed dengan tenaga maksimal 59hp@12000rpm dan torsi 38Nm@10500rpm. Melihat kapasitas mesin tersebut tentunya Honda CB 400 Superfour dengan kapasitas mesin 399cc, DOHC, 4 silinder in line, berpendingin cair dengan tenaga maksimal 53hp@11000rpm dan torsi 38Nm@9500rpm.

Dari kompetitornya Suzuki Bandit 400 memiliki tenaga yang lebih besar. Namun balik lagi ke soal penampilan dan beberapa komponen lainnya yang tentunya menjadi pertimbangan.

Kala itu Suzuki Bandit 400 yang mengaspal di Indonesia bukanlah melalui pabrikan resmi melainkan importir umum. Oleh karena itu populasi dari motor ini terbilang langka terlebih jika Anda ingin mendapatkan dalam kondisi baik, mulai dari part dan kondisi yang orisinil dan surat surat lengkap.

Kekurangan Suzuki Bandit 400

– Harga gelap, buat Anda yang ingin mendapatkan motor ini tentunya harus menyiapkan dompet yang tebal pasalnya motor klasik seperti Suzuki Bandit 400 menjadi motor buruan para kolektor. Terlebih jika masih dalam kondisi baik.
– Menurut beberapa pengguna Suzuki Bandit dalam forumnya. Spare part bandit sulit didapat di Indonesia dan mereka harus mencari ke Malaysia dan Singapura. Oleh sebab itu tidak jarang harga part dari Suzuki Bandit 400 terbilang mahal.
– Permasalahan karburator dan pengapian menjadi salah satu hal yang paling dikeluhkan oleh pengguna Suzuki Bandit 400.

Kelebihan Suzuki Bandit 400

– Tampilan dan perfoma dari motor tidak kalah gahar dengan motor saat ini, terlebih raungan mesin 4 silinder Suzuki Bandit 400 terbilang gahar. Ditambah dengan penggunaan knalpot racing yang recomend.
– Kalaupun bosan dengan tampilan standar, basis mesin Suzuki Bandit 400 bisa diaplikasikan ke dalam salah satu konsep motor kustom bergaya cafe racer atau pun tipe lainnya.
– Di Indonesia sudah ada komunitas dari pengguna Suzuki Bandit, dari situ Anda bisa mengetahui bengkel yang rekomen, penggunaan part dan bisa sharing seputar motor Suzuki Bandit series.