Suzuki Ertiga dalam label Toyota siap meluncur pada paruh kedua tahun ini. Rencana ini merupakan kolaborasi Toyota dan Suzuki untuk di India.

Sebelumnya, kerjasama Suzuki dan Toyota telah meluncurkan Glanza dan Urban Cruiser di India. Kini, kedua pabrikan mobil itu sedang berupaya untuk memperkenalkan produk ketiganya dalam wujud Suzuki Ertiga.

Mengutip dari media otomotif setempat, bagian dari kesepakatan global antara Toyota dan Suzuki, kedua produsen mobil Jepang ini bersiap untuk merilis secara global.

Kerjasama itu sejauh ini menghasilkan dua produk Maruti Suzuki yang digunakan oleh Toyota Kirloskar Motor. Tercatat, baru dua produk: Toyota Glanza dan Urban Cruiser, masing-masing berbasis Maruti Suzuki Baleno dan Vitara Brezza.

Karena mobil tersebut akan dipasok ke Toyota oleh Suzuki, jelas akan mengacu pada platform Heartect yang sama dengan mobil donor.

Selain itu, tidak ada perubahan pada desain mobil Toyota dari Suzuki Ertiga secara keseluruhan. Namun, versi Toyota bisa menampilkan gril depan yang didesain ulang, serta desain kain baru untuk jok.

Tenaga mesin mobil akan sama dengan mesin bensin 1,5 liter yang melakukan tugas pada Toyota Urban Cruiser. Mesin khusus ini menghasilkan tenaga maksimum 105 horsepower dan torsi puncak 138 Nm.

Kemungkinan versi mobil Toyota dari Suzuki Ertiga akan ditawarkan dengan transmisi manual 5-percepatan, serta CVT 4-percepatan.

Mobil Toyota akan membawa fitur dan spesifikasi interior dan eksterior Maruti Suzuki Ertiga. Sehingga, ini memungkinkan ada persaingan sehat antara keduanya.

Fitur keselamatan yang ditawarkan dengan versi mobil Toyota dari Ertiga cukup lengkap. Misalnya, airbag depan ganda, ABS dengan EBD, jangkar kursi anak ISOFIX, dan sensor parkir mundur. Varian otomatis juga mendapatkan ESP dan hill hold assist.

Saat ini, harga Maruti Suzuki Ertiga antara Rs 7,59-10,13 lakh atau sekitar Rp 150 juta hingga 200 jutaan.

Oleh karena itu, versi mobil Toyota dari Suzuki Ertiga juga memiliki harga yang sama. Meski begitu, mobil suzuki Ertiga berencana Toyota akan terus menyaingi Maruti Suzuki XL6, serta mobil donornya, Maruti Ertiga di India.