Entah dengan alasan mengejar profit atau mencari ‘panggung’ belaka, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2021 digelar pada pekan pertama bulan puasa. Mereka, penyelenggara dalam hal ini Dyandra Promosindo menyebut, bahwa IIMS 2021 mencatatkan sebuah sejarah ekosistem kreatif yang mati suri akibat Pandemi, akhirnya bisa merdeka.

Maksudnya, setelah setahun belakangan kegiatan pameran otomotif yang kerap tertunda, akhirnya bisa terselenggara. Hanya saja berlangsung di bulan puasa.

Memang ini adalah sesuatu yang berbeda, namun kami merasa pameran kali ini sungguh tergesa-gesa, bahkan cenderung memaksa.

Sebelumnya, IIMS 2021 telah dilaksanakan secara virtual sebanyak dua kali. Pameran yang mereka sebut sebagai Pameran Hybrid ini adalah gabungan dari dua pameran di virtual dan pameran nyata.

IIMS 2021 Hybrid direncanakan berlangsung pada 15 – 25 April 2021. Penyelenggara tentu berharap gelaran ini dapat mengembalikan pundi-pundi Rupiah yang telah diinvestasikan, pun demikian dengan para peserta pameran, yakni pabrikan otomotif roda empat, roda dua dan industri pendukungnya atau aftermarket.

Bahkan petinggi Dyandra Promosindo, yakni Hendra Noor Saleh berani menancapkan target transaksi hingga Rp 4 triliun. Menurutnya ini masih masuk akal. Padahal nyatanya tidak semua Agen Pemengang Merek (APM) hadir di pameran hybrid ini.

Dilansir dari Detik.com, Hendra Noor Saleh menyebutkan, 4 triliun adalah angka kurang dari setengahnya dari kondisi IIMS terakhir. Kedua, namanya pameran butuh angka yang menarik hati. Sebetulnya bukan Rp 4 triliun yang beredar di sini, tapi dari nilai transaksi mobilnya. Misalnya harga mobil Rp 1 miliar, DP 50 juta, yang dihitung Rp 1 miliar.

Momen Idul Fitri dan korting PPnBM dari pemerintah rasanya menjadi alasan kuat pameran otomotif ini terjadi. Penyelenggara mencatat beberapa pabrikan besar yang mendapatkan relaksasi pajak ini, ikut dalam pameran.

Misalnya Toyota, Honda, Mitsubishi, Wuling dan DFSK. Lainnya ada BMW, MINI, Renault hingga dealer Prestige. Sementara di roda dua, ada Astra Honda Motor, Benelli, Italjet, Kawasaki, NIU, Royal Alloy, Royal Enfield, Selis, KTM, Husqvarna, Velocifero. Ditambah puluhan brand Aftermarket selama sebelas hari gelaran IIMS Hybrid 2021 nanti.

Digelar di JIEXpo, Kemayoran, IIMS Hybrid 2021 bakal menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Dyandra Promosindo menyediakan fasilitas test PCR/test Swab Antigen di lokasi IIMS Hybrid 2021, JIExpo Kemayoran. Pengunjung yang hadir di masing-masing booth maupun Hall JIExpo Kemayoran akan dibatasi serta terdapat aturan yang ketat bagi pengunjung.

Untuk masuk ke IIMS Hybrid 2021 di JIExpo, Kemayoran, pengunjung harus membeli tiket dengan harga yang sama dengan IIMS sebelumnya. Tiket IIMS tahun ini tetap Rp 50 ribu di hari kerja dan Rp 70 ribu di akhir pekan.