Bagi penduduk Thailand, nama Thairung memang tak asing lagi di telinga mereka. Perusahaan karoseri bodi kendaraan ini memang bisa dikatakan paling sohor di negeri Gajah Putih ini.

Coba Anda simak beberapa karya lama mereka yang cukup dikenal dan kebanyakan memanfaatkan bodi pickup. Seperti Isuzu D-Max, Chevrolet Colorado dan Toyota Hilux yang disulap menjadi SUV utuh dengan tambahan ruang penumpang pada bagian bak belakang yang dimodifikasi.

karoseri-3

Di gelaran The 36th Bangkok International Motor Show 2015 ini mereka melansir varian terbaru dan menjadi terobosan paling mutakhir bagi mereka. Ya, TR Transformer Max yang kerap disebut sebagai Hummer Thailand ini memang cukup membuat orang menoleh ke booth mereka yang sederhana. SUV berdesain hi-roof ini mengambil basis dari Toyota Hilux Vigo bermesin 3.000cc dan Hilux standart bermesin 2.500cc.

karoseri-2

Mereka merancang kendaraan tangguh segala medan yang kabinnya bisa disulap untuk mengangkut 5-11 penumpang atau dijadikan ruang kargo. Tak hanya dijadikan kendaraan reguler, mereka juga mempersiapkan beberapa model Ambulans, Pemadam Kebakaran, Kendaraan Bandara , PPV (Police Pursuit Vehicle), Militer hingga Kendaraan untuk alat komunikasi bergerak.

karoseri-11

Secara umum, Thairung merancang Transformer berpenampilan off-road dengan ground clearance 50cm alias lebih tinggi dari Hilux normal. Mesin diesel 171 dan 143 daya kuda bawaan Toyota juga dianggap cukup untuk bermain di segala medan. Kami dalam hal ini sangat respek dengan hasil karya manufaktur Thailand. Negeri yang mendeklarasikam bahwa mereka tak ingin membuat mobil nasional lantaran takut mengganggu laju dan gairah dunia otomotif meraka. Namun untuk Thairung Transformar, yang masih menjadi sedikit ganjalan adalah kualitas craftsmanship mereka yang masih kurang halus dan tentu saja tampang yang sedikit aneh.