Saat ini, buka tutup pintu bagasi secara otomatis atau power tailgate sudah menjadi fitur yang umum di mobil. Bahkan, bila mobil Anda belum dilengkapi dengan fitur seperti ini, Anda bisa melengkapinya dengan menebus sebuah kit aftermarket power tailgate.

Umumnya untuk mengaktifkan fitur ini, Anda harus menggerakkan atau menggoyangkan kaki di bagian bawah bemper belakang agar sensor menangkap pergerakkan. Sensor kemudian merespon dengan memberikan perintah untuk membuka pintu bagasi secara otomatis.

Menggerakkan atau menggoyangkan kaki jadi sebuah pakem yang dilakukan untuk mengaktifkan sensor. Asumsinya begini, katakanlah Anda sedang keluar dari sebuah pusat perbelanjaan dengan barang bawaan yang cukup banyak. Kedua tangan Anda sudah kerepotan menjinjing tas belanjaan dan harus membuka pintu bagasi untuk meletakkan barang. Maka organ tubuh yang tersisa untuk bergerak bebas adalah kaki, oleh karenanya pergerakkan kaki menjadi langkah paling mudah untuk mengaktifkan sensor.

Tapi itu dulu.. Seiring perkembangannya, sensor yang digunkan pabrikan untuk mengaktifkan power tailgate semakin pintar. Kini tak perlu lagi menggerakkan atau menggoyangkan kaki untuk membuka pintu bagasi, namun cukup berdiri saja beberapa detik di bagian belakang mobil dan sensor akan segera merespon. Ini yang sudah diaplikasikan pada Hyundai Palisade.

Menurut Bonar Pakpahan, Product Expert dari PT Hyundai Motors Indonesia, fitur buka tutup pintu bagasi otomatis pada HyundaiPalisade ini dikembangkan untuk semakin memudahkan konsumennya saat ingin membuka bagasi. Jadi hanya perlu kantungi kunci dan berdiri sekitar 50 – 70 cm dari bagasi kemudian sensor akan merespon yang ditandai dengan bunyi beep dan kedipan lampu sein.

Saat kami mencobanya, interval sensor untuk membaca posisi remote kunci dan benda yang dianggap sebagai manusia di posisi belakang mobul hanya membutuhkan waktu sekitar 5 detik. Artinya kalau pun beban di tangan Anda penuh, Anda tidak perlu menunggu lama untuk menahan beban saat menunggu pintu bagasi terbuka secara otomatis.

Untuk menutupnya kembali, tinggal pencet tombol penutup yang ada di bagian bawah pintu bagasi.