Mobil konsep menjadi menu utama Toyota dalam partisipasinya di pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Di pameran yang berlangsung pada 2-12 Agustus 2018 mendatang di ICE BSD, Tangerang, Toyota membawa langsung tiga unit kendaraan konsep masa depan bikinannya. Kendaraan konsep tersebut merupakan Concept i-Series yang terdiri dari Concept-i, i-Ride, dan i-Walk.

Gagasan utama dari seri Concept-i adalah penerapan teknologi kecerdasan buatan untuk mengenali emosi dan preferensi agar pengguna merasakan keselamatan dan ketenangan terbaik sekaligus memberikan rasa kesenangan berkendara.

Concept-i memiliki desain yang dinamis dengan interior futuristik dan pintu model gunting. Keberadaan lingkar kemudi tidak dihilangkan, yang artinya mobil berkapasitas empat penumpang ini masih menawarkan pilihan untuk mengemudi sendiri layaknya mobil konvensional.

Sedangkan i-Ride yang terlihat di GIIAS 2018 merupakan sebuah mobil kompak. Bagian wajahnya terdapat layar yang bisa menyapa para pejalan kaki. Bagian dalam hanya terdapat 2 kursi dan lingkar kemudi dihilangkan. Artinya mobil ini mengadopsi teknologi swakemudi sepenuhnya.

Satu kendaraan konsep yang menarik adalah i-Walk. Karena i-Walk bukanlah sebuah mobil, melainkan last mile transportation yang dapat digunakan di area di mana mobil tidak dapat mengakses area tersebut.

Dalam sambutannya, Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor, Yoshihiro Nakata menyebutkan dalam perkembangannya, Toyota kini bukanlah hanya sebuah perusahaan pembuat mobil saja, namun sudah beralih menjadi perusahaan pembuat alat mobilitas masa kini yang mengedepankan teknologi baru yang ramah lingkungan dan mudah digunakan.