Sebelum diluncurkan resmi di Indonesia, Toyota Raize sudah terlebih dahulu dipasarkan di Jepang. Di Jepang, mobil produksi Toyota dalam negeri Sakura berhasil meraih predikat best selling model di pasar domestic.

Sementara di Indonesia, Toyota Raize merupakan buah kolaborasi kelima bersama dibawah naungan Toyota Group setelah Avanza-Xenia, Rush-Terios, Agya-Ayla dan Calya-Sigra. Hari ini, Jumat (30/4) Toyota Raize resmi dipasarkan. Tersedia dua pilihan mesin 3-cyl 1.0 liter turbocharger dan 1.2 N/A untuk pasar Indonesia, namun saat ini baru tipe dengan mesin 1.0 liter turbocharger yang dipasarkan terlebih dahulu.

Toyota Raize hadir dalam 6 varian yaitu 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS, 1.0 Turbo GR Sport CVT, 1.0 Turbo G CVT, 1.0 Turbo G M/T, serta varian 1.2 G CVT dan 1.2 G M/T, di mana masing-masing memiliki daya tarik sendiri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang juga beragam.

Bagi pelanggan yang ingin tampilan SUV lebih sporty maka dapat memilih varian GR Sport yang terdapat di 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS dan 1.0 Turbo GR Sport CVT. Untuk tipe 1.0T mulai tersedia dan dapat dipesan sejak 30 April 2021, sementara untuk tipe 1.2 akan hadir di semester ke dua tahun ini.

Secara garis besar, antara Toyota Raize di Indonesia dengan Jepang memiliki banyak kesamaan. Tentunya jangan membahas soal spesifikasi mesin dan fiturnya, karena perbedaan regulasi emisi dan iklim membuat keduanya jauh berbeda.

Secara desain atau tampilan eksterior keduanya nyaris sama. Baik model standar, maupun GR Sport. Hal ini menjadikan Toyota Raize menjadi mobil dengan predikat negara maju atau mobil dengan desain global.

Sederet fitur keamanan aktif dan pasif serta fitur yang menambah kesenangan berkendara ada di mobil ini. Semisal Illuminating headlamp, daytime running light (DRL), dan Sequential Turn Lamp, semua menggunakan LED, dan velg besar 17 inch pada tipe 1.0T.

Sementara itu, interiornya lapang dan juga dilengkapi fitur dengan teknologi terdepan seperti terpasang MID 7 inch TFT dengan display interaktif dan modern dan dapat diganti-ganti dalam 4 opsi tampilan yaitu Advanced, Exciting, Simple, dan Analog.

Selain itu terdapat juga advanced features lainnya seperti Steering Switch, Interior Illumination, serta Interactive 9 Inch Head Unit dengan floating design dan terkoneksi dengan smart device T-Link dan mempunyai fitur Personal Reminder, bahkan dapat dimanfaatkan sebagai pengingat aturan pelat nomor ganjil-genap dengan memasukkan data mobil ke dalam sistemnya.

Toyota Raize dilengkapi dengan fitur keselamatan yang lengkap seperti 6 Airbags, Pedal Misoperation Control, dan TSS + BSM RCTA. Semua fitur keselamatan ini terdapat pada varian 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS. TSS adalah Toyota Safety Sense yang merupakan fitur keselamatan yang biasanya terdapat pada model di segmen high—premium segmen.

Selain itu, seluruh tipe Toyota Raize sudah dilengkapi fitur keamanan berupa rem dengan Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, serta Alarm + Immobilizer.