_MG_0421
Gila!. Mungkin Anda bakal berteriak seperti itu saat melihat truk Volvo FH yang berbobot 8 ton sedang adu kejar dengan salah satu supercar terkencang di dunia, Koenigsegg One:1. 

Tapi oups… ini hanya settingan belaka kok. Karena sebenarnya adegan balap ini merupakan potongan scene dari film terbaru milik Volvo berjudul ‘Volvo Trucks vs Koenigsegg’. Dan sebenarnya tantangan ini bertujuan untuk memperlihatkan bahwa transmisi I-Shift Dual Clutch ala sportscar yang dikandung oleh truk Volvo FH tersebut punya kemampuan yang seimbang dengan megacar bertenaga 1.360 HP. 

“I-Shift Dual Clutch memiliki  sebuah dual-clutch yang terbilang unik dalam pasar kendaraan kelas berat. Namun, teknologi serupa sudah terdapat pada mobil sports. Maka, ini merupakan tantangan yang sempurna.” ujar Jeff Bird, Press Test Director dari Volvo Trucks.

Di sirkuit Knutstorp, Swedia Selatan – sebuah sirkuit yang dikenal dengan lekukan tanjakan dan belokan tajam inilah, kehalusan perpindahan gigi dan kenyamanan berkendara ala supercar, si truk telah terbukti.

“Mungkin ini terdengar seperti lingkungan yang berbeda untuk lingkungan truk berat pada umumnya, tapi nyatanya, berkat dual-clutch, I-Shift Dual Clutch sangat berguna dalam kondisi dimana banyak terjadi pergeseran pada gearbox. Gearbox yang mulus ini meningkatkan kualitas berkendara secara maksimal,” imbuh Jeff Bird.

Jadi wajar saja ya, jika sosok di balik kemudi Volvo FH, yaitu pebalap senior, Tiff Needell pun akhirnya terkagum-kagum dengan performa kendaraan yang ia gunakan tersebut.