Di China, ternyata Vespa 946 yang kesohor dengan desainnya yang memukau hanya berbanderol Rp 6 juta per unitnya. Jumlahnya pun diperkirakan cukup masif, mengingat harganya yang super terjangkau.

Tapi nanti dulu, Vespa 946 yang dimaksud bukanlah asli, melainkan replika. Seperti Anda tahu, pabrikan otomotif China hingga saat ini masih mendalami ilmu replikasi dari pabrikan otomotif dunia. Padahal sebelumnya jika Anda ingat, salah satu pabrikan otomotif China yang mereplikasi Range Rover Evoque pernah kena batunya dituntut oleh Jaguar Land Rover.

Meski belum jelas dari mana datangnya merek yang mereplikasi Vespa 946 ini, namun Vespa 946 hasil tiruan ini tampilannya sungguh ‘katro’. Rancang bangunnya kurang proporsional untuk skuter matik berdimensi sebesar itu.

Ban misalnya, lingkar 10 inci terlihat terlalu timpang dengan dimensi bodinya yang menbulat besar. Secara keseluruhan tampak jadi kedodoran.

Gambar Vespa 946 replika ini kami dapat dari sebuah media roda dua Vietnam, Motosaigon.vn. Menurut informasi yang kami dapat, Vespa 946 replika tersebut punya opsi mesin 125 cc dan 150 cc dengan banderol 10 juta Dong atau setara Rp 6,2 juta.

Yang terlihat sungguh mirip adalah bodi samping dengan garis bersiripnya dan seating position. Sayangnya di bagian sayap dalam terlalu polos tanpa hadirnya laci kompartemen.

Sistem suspensi juga sama sekali tak mereplikasi model Vespa 946 dengan suspensi tunggal. Versi replika ini menggunakan suspensi belakang ganda, sehingga sangat terlihat jelas sebuh Vespa replika.