Volkswagen merupakan pabrikan yang gencar mengampanyekan mobil listrik. Bahkan, target mereka saat ini membangun 1,5 juta unit mobil listrik pada 2025. Dilansir dari Reuters, pabrikan yang bermarkas di Jerman ini kabarnya tengah mengembangkan proyek terbaru yang dijuluki Small BEV (Battery Electric Vehicle).

Para insinyur Volkswagen berlomba-lomba menciptakan mobil listrik bertenaga baterai murni sukuran Volkswagen Polo, namun dengan harga yang terjangkau, yakni Rp300 jutaan atau lebih murah dari mobil listrik Volkswagen ID.3 yang dijual sejak September 2020 lalu.

Sayangnya, Volkswagen belum memberikan informasi secara detail mengenai kendaraan tersebut baik dari tanggal peluncuran sampai di mana mobil itu akan diproduksi.

Seperti diketahui, target emisi Uni Eropa yang lebih ketat akan memaksa Volkswagen dan pabrikan otomotif lain untuk meningkatkan proporsi kendaraan hibrida dan listrik menjadi 60 persen pada 2030, naik dari target sebelumnya sebesar 40 persen. Awal Desember ini, Volkswagen meningkatkan investasi yang direncanakan pada teknologi kendaraan digital dan listrik menjadi 73 miliar euro (86 miliar dolar AS) selama lima tahun ke depan dan sebanyak 35 miliar dolar AS akan diinvestasikan dalam mobilitas elektrik (e-mobility).