Model pertama Volkswagen Tiguan Allspace rakitan Indonesia, akhirnya sampai ke tangan konsumen. SUV 7-seater yang secara resmi dijual seharga Rp 598 juta (on the road) di pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, satu persatu mulai didistribusikaj kepada konsumennya.

Seremoni penyerahan lima unit pertama ke konsumen dilakukan di Hotel Pullman, Jakarta, Rabu 2 Oktober 2019. Dalam seremoni ini, PT Garuda Mataram Motor (GMM) selaku Agen Pemegang Merek VW di Indonesia turut mengundang beberapa petinggi-petinggi seperti Minister President of Lower Saxony, Negara Bagian Jerman, Mr. Stephan Weil, yang juga merupakan Supervisory Board Volkswagen AG, dan, Mr. Hendrik Barkeling, Deputy Head of Mission Kedutaan Besar Jerman untuk Indonesia, serta, Mr. Thomas Zahn, Executive Director Sales International, Volkswagen AG.

Dalam pidato sambutannya Andrew Nasuri mengatakan bahwa dirinya sangat bangga akan keberhasilan tenaga kerja Indonesia memproduksi VW Tiguan Allspace yang merupakan SUV Compact andalan Volkswagen.

“Pada hari ini dengan sangat bangga kami menyerahkan lima unit pertama VW Tiguan Allspace kepada lima pembeli pertama di Indonesia. VW Tiguan Allspace ini merupakan hasil karya tenaga kerja Indonesia dengan kualitas tinggi sesuai standard Volkswagen Jerman. Kami mengucapkan terima kasih kepada konsumen Volkswagen di Indonesia yang sudah mempercayai produk hasil dalam negeri dengan kualitas internasional,” tegas Andrew.

Volkswagen memiliki sejarah panjang di Indonesia. Sejak tahun 1952 Volkswagen secara resmi eksis di pasar otomotif Indonesia, yang merupakan pasar yang cukup penting bagi Volkswagen di kawasan Asia Pasifik. Berbagai bentuk loyalitas dari konsumen dapat dilihat seperti munculnya komunitas pecinta Volkswagen, serta berkembangnya konsumen baru yang menunjukkan ketertarikannya pada merek otomotif asal Jerman ini.

Untuk itulah, berbagai upaya dilakukan oleh PT Garuda Mataram Motor untuk terus mengembangkan merek Volkswagen di Indonesia, salah satunya dengan membangun fasilitas produksi di Cikampek, Jawa Barat melalui anak perusahaan Indomobil lainnya, yaitu, PT. National Assemblers. Dengan begini, upaya Volkswagen memproduksi unitnya di Indonesia agar lebih banyak orang dapat memiliki Volkswagen karena harganya menjadi lebih kompetitif.