Yamaha sudah punya nomenklatur penamaan untuk varian electric bike-nya (e bike). Baru-baru ini, kode nama TY telah dipatenkan Yamaha untuk model TY-E sebegai motor listrik trial terbaru.

Dikutip dari Motorcycling, Rabu (21/3/3018),  penamaan untuk model trial listrik Yamaha itu sepertinya untuk mengantisipasi FIM Trial E-Cup yang sudah diperkenalkan sejak tahun lalu.

Awalnya, FIM Trial E-Cup hanya diselenggarakan satu seri, tetapi tahun ini meningkat menjadi 2 seri. Seri pertama akan berlangsung di Auron Perancis dan kedua di Comblain au Pont. Regulasi yang diterapkan serupa untuk kelas 125cc.

Saat ini, Trial-E lebih banyak diikuti oleh model buatan Electric Motion, SoREV, Mecatecno, dan juara Trial E-Cup 2017 Gas Gas. Trial listrik buatan Gas Gas itu menjadi satu-satunya kuda besi dengan kopling mekanis dan transmisi 6 percepatan.

Yamaha sendiri telah memiliki model trial bermesin bensin sejak 1973 yang berkode TY. Motor trial ini memiliki varian berkapasitas dari 50cc sampai 350cc.

Namun motor Yamaha ini tidak menonjol di luar Jepang. Motor trial sepertinya lebih didominasi produk Montesa, Honda, Gas Gas, Beta, Sherco,TRRS dan Vertigo. Di Jepang, Yamaha lebih terkenal di arena nasionalnya dengan model TYS250fi.

Dari aplikasi paten European Union Intellectual Property Office yang bocor, dipastikan trial listrik Yamaha memiliki nama TY-E. Meskipun wujud motornya belum jelas benar, tapi diperkirakan akan mirip dengan TYS250fi.