Kemenangan tim Yamaha di MotoGP, World Super Bike, World Super Sport serta 60 tahun Yamaha di kejuaraan balap dunia menjadi momentum yang tetap bagi PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing untung membawa varian terbaru dari Yamaha R15.

Pihak Yamaha mengenalkan motor ini dengan nama All New R15 Connected. Pada kenyataanya Yamaha R15 tidak mendapat pembaharuan disemua sektor melainkan pada bagian penampilan serta fitur – fitur pendukung saja.

Penyebutan Yamaha R15 rasanya lebih melekat dikalangan pecinta otomotif di Tanah Air. Indonesia bukanlah yang pertama, pasalnya Yamaha R15 sudah lebih dulu hadir di India dengan sebutan Yamaha R15 V4. Namun Yamaha Indonesia tak menggunakan kode ‘V4’ di akhir namanya, lantaran di Indonesia R15 baru hadir dalam tiga generasi.

Generasi terbaru R15 ini memiliki dua varian yaitu Yamaha R15M Connected-ABS dan Yamaha R15 Connected. Yamaha R15M Connected-ABS terdiri dari pilihan warna Icon Performance dengan harga Rp 43.500.000 OTR Jakarta.

Sedangkan All New R15 Connected memiliki warna Icon Blue dan Tech Black dengan harga jual Rp 38.900.000 OTR Jakarta. sementara itu R15M Connected-ABS spesial edition World Grand Prix 60th Anniversary livery dibanderol Rp 44.100.000 OTR Jakarta.

Pembahasan saat ini kita mulai dari varian termurah lebih dulu dan perbandingan diantara kedua varian Yamaha R15.

Tampilan Yamaha R15

Yamaha R15 Connected yang merupakan perwujudan Racing DNA Yamaha dalam bentuk “The True Supersport Machine 155”, yang dikembangkan dengan konsep Jin-Ki Kanno. Makna Jin-Ki Kanno adalah kegembiraan yang luar biasa yang dirasakan oleh pengendara ketika menjadi satu dengan sepeda motornya.

Tampilan depan generasi baru Yamaha R15 terbilang angker, garis desain R series cukup melekat dengan penyematan headlamp tunggal yang diapit sepasang lampu DRL. Kini fairing yang terpasang pada sisi kanan dan kiri terlihat lebih kalem dibanding wajah depan.

Bergeser ke bagian atas, tangki dengan kapasitas 11 liter dibalut dengan kondom bodi dengan dimensi yang sedikit berbeda dari model sebelumya. Sementara pada bagian jok kemudi dan penumpang disanggah bodi pipih meruncing ke buritan.

Kaki – kaki dan mesin Yamaha R15

Bagian kaki – kaki masih mempercayakan model lama mulai dari up side down Kayaba, lengan ayun model banana, pelek ring 17 dengan ukuran ban 100/80 dan 140/70.

Seperti yang sudah dijelaskan Yamaha R15 masih menggunakan mesin tipe sebelumnya dengan kapasitas 155 cc, SOHC, 4 katup, 1-silinder, pendingin cairan, dan berpengabut injeksi. Diatas kertas mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 14,2 kW atau 19 daya kuda pada putaran mesin 10.000 rpm dan torsi puncak 14,7 Nm di 8.500 rpm.

Fitur Yamaha R15

Dihadirkan dalam dua varian Yamaha R15 ditanamkan fitur – fitur yang mirip dengan moge mulai dari Assist & Slipper Clutch, Traction Control System (TCS), Dual Channel ABS, panel meter full digital, suspensi depan upside down, dan teknologi konektivitas Yamaha Connect alias Y-Connect.

Panel meter Yamaha R15 terbilang mirip dengan Yamaha R1, Anda juga bisa juga bisa mengatur 2 mode interface-nya yakni Street dan Track.

Perbedaan varian Yamaha R15

Yamaha R15M Connected-ABS dan Yamaha R15 Connected memiliki selisih harga Rp 4,6 juta. Dengan begitu tentunya ada perbedaan dari kedua varian ini.

Pada tipe tertinggi Yamaha R15M Connected-ABS memiliki livery yang spesial seperti varian superbike dan he Racing Blood of Yamaha (60Th Anniversary Grand Prix). Emblem 3D R15M pada bagian tangki bahan bakar dan karbon dengan embos tulisan M, tutup atau cover suspensi depan dengan logo M, kaliper berkelir emas, sampai lengan ayun dan cover knalpot dengan kelir abu-abu metalik.

Yamaha R15 Connected punya harga yang lebih rendah oleh sebab itu fitur Quick Shifter, Dual ABS, kontrol traksi absen dari varian ini. Termasuk panel meter yang masih menggunakan model lama.